Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Menkeu AS Bakal Temui Presiden Korsel Soal Pembatasan Minyak Rusia

Senin, 18 Jul 2022 - 12:05 WIB
Menkeu AS akan Temui Presiden Korsel Bahas Soal Pembatasan Minyak Rusia
Menkeu AS Janet Yellen

Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen akan bertemu dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan pejabat senior lain di Seoul pada Selasa (19/7/2022).

Dalam kunjungan itu, rencananya Yellen membahas perkembangan perekonomian global. Selain itu, Yellen akan mendorong usulan pembatasan harga minyak Rusia dan mendiskusikan upaya untuk mengatasi kemacetan rantai pasok melalui ‘friendshoring’.

Menurut Kementerian Keuangan AS, kunjungan Yellen ke Korsel ini sekaligus mengakhiri kunjungan pertamanya ke kawasan Indo-Pasifik sebagai menteri keuangan. Dengan pertemuan dengan Korsel, harapannya dapat meningkatkan hubungan dagang kedua negara.

Selain dengan Presiden Yoon, Yellen juga akan bertemu dengan Gubernur Bank Korea Rhee Chang-yong dan Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Perekonomian dan Keuangan Choo Kyung-ho.

Baca juga
Kasus Baru COVID-19 di Korsel Turun, Tapi Angka Kematian Naik

Dia akan menggelar diskusi terpisah dengan para ekonom dan pengusaha perempuan Korea Selatan untuk mendiskusikan bagaimana peningkatan partisipasi perempuan di angkatan kerja dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Dia juga akan mengunjungi fasilitas dari salah satu perusahaan terbesar Korea Selatan LG Corp, yang baru-baru ini mengumumkan investasi dalam pembuatan baterai untuk kendaraan listrik di AS.

Dalam pidatonya setelah kunjungan nanti, Yellen akan memfokuskan pentingnya kemitraan dengan sekutu seperti Korea Selatan dalam membangun rantai pasok yang lebih tangguh, mengurangi tekanan inflasi dan menurunkan biaya bagi konsumen AS.

Yellen pekan lalu mengunjungi Jepang sebelum melakukan kunjungan ke Pulau Bali, Indonesia, untuk menghadiri pertemuan dengan sejumlah pejabat keuangan dari 20 negara anggota G20.

Tinggalkan Komentar