Jumat, 20 Mei 2022
19 Syawal 1443

Menko Airlangga: Forum C20 Beri Ide dan Solusi bagi G20

Airlangga Forum C20

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Civil 20 (C20) menjadi salah satu forum penting yang terus memberikan ide dan solusi bagi G20.

C20 adalah forum bagi Organisasi Masyarakat Sipil (CSO) di seluruh dunia untuk menyuarakan aspirasi rakyat dengan para pemimpin G20.

“C20 memiliki peran vital untuk menghadapi tantangan global yaitu kesehatan, digitalisasi, dan perubahan iklim serta ketidakstabilan geopolitik di dalam kawasan, termasuk apa yang terjadi di Eropa,” ujar Airlangga dalam sambutan secara virtual di acara C20 Kick Off Meeting & Ceremony di Bali, Senin (7/3/2022).

Ia mengaku sangat berharap C20 dapat fokus dalam membuat inovasi untuk memberikan manfaat kepada semua orang.

Baca juga
Hepatitis Misterius pada Anak tak Berhubungan dengan Adenovirus Vaksin COVID-19

“Presidensi Indonesia (di G20) berkomitmen untuk mendukung dan menerima masukan dari masing-masing organisasi masyarakat sipil terhadap tantangan saat ini,” kata Airlangga seraya menyebut bahwa suksesnya Presidensi Indonesia juga merupakan hasil dari kontribusi semua delegasi.

Untuk hal tersebut, lanjut dia, pihaknya sangat menyambut baik C20 yang akan didukung oleh tujuh kelompok kerja: akses vaksin dan kesehatan global; lingkungan, keadilan iklim dan transisi energi; pembangunan, SDGs dan kemanusiaan; pendidikan, digitalisasi, dan ruang kewarganegaraan; kesetaraan gender; anti korupsi; serta perpajakan dan keuangan berkelanjutan.

Menurut Airlangga, isu-isu utama tersebut harus dikembangkan sebagai upaya untuk mendapatkan hasil nyata sehingga masyarakat dapat menerima manfaat.

Baca juga
Presiden Jokowi Curhat Soal Penolakan Indonesia di G20

“Isu-isu tersebut tidak hanya penting bagi masyarakat Indonesia melainkan juga untuk masyarakat global,” katanya.

Isu-isu esensial C20 sangat berhubungan dengan agenda unggulan Presidensi Indonesia di G20, yaitu penguatan arsitektur kesehatan global, promosi transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi energi.

“Di dalam pendekatan kita, kita menyebut ini sebagai tanpa kolaborasi, pemulihan ekonomi global tidak akan terjadi . Akses merata kepada vaksin akan mahal, tanpa kolaborasi tidak akan ada perdamaian dan kemakmuran. Itulah kenapa Indonesia mengusung tema ‘Recover Together, Recover Stronger’ dan Indonesia siap memimpin ekonomi maju dan berkembang, menjadikan pemulihan global sebagai tujuan bersama,” ujar Airlangga.

Tinggalkan Komentar