Kamis, 19 Mei 2022
18 Syawal 1443

Menko Airlangga: Luar Jawa-Bali masih Butuh Percepatan Vaksinasi

Menko Airlangga: Luar Jawa-Bali masih Butuh Percepatan Vaksinasi - inilah.com
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Rapat Terbatas Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM, secara virtual di Jakarta, Senin (14/2/2022). Foto: ekon.go.id

Pemerintah terus mempercepat proses vaksinasi, terutama untuk dosis kedua dan booster, khususnya untuk daerah-daerah di luar Jawa-Bali. Upaya ini merupakan salah satu komitmen dalam menjalankan langkah-langkah untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19.

“Sesuai arahan Presiden, Pemerintah akan terus mengakselerasi vaksinasi, terutama untuk vaksinasi Dosis-2 maupun vaksinasi booster, khususnya pada daerah-daerah di luar Jawa-Bali yang masih memerlukan percepatan vaksinasi,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Keterangan Pers usai Rapat Terbatas Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM, secara virtual di Jakarta, Senin (14/2/2022).

Per 13 Februari 2022, secara nasional vaksinasi Dosis-1 telah mencapai 90,41% (188,3 juta dosis) dan Dosis-2 telah mencapai 65,19% (135,8 juta dosis). Sementara itu, capaian vaksinasi booster atau dosis ketiga telah mencapai 7,0 juta dosis.

Baca juga
Dikuasai Kelompok Tertentu, Marwan Curigai Direksi Anyar Antam

Untuk vaksinasi Dosis-1, masih ada tiga Provinsi di luar Jawa Bali dengan capaian di bawah 70%, yakni Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sedangkan untuk vaksinasi Dosis-2, masih terdapat 10 Provinsi dengan capaian di bawah 50% yaitu Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Aceh, Papua Barat, Maluku, dan Papua.

Persiapan MotoGP Mandalika

Tes Pra-Musim MotoGP (Mandalika MotoGP Official Test) telah diselenggarakan pada 11-13 Februari 2022 di Sirkuit  Mandalika. Kegiatan ini dihadiri oleh 24 Pembalap, 12 Tim, dan ±600 orang OfficialsOfficial Test terselenggara dengan mengedepankan penerapan Prokes sesuai SE KaSatgas Covid-19 Nomor 5 Tahun 2022 terkait dengan Prokes Sistem Bubble selama MotoGP 2022.

Baca juga
Bulog Jual Daging Kerbau Asal India Seharga Rp80.000 per Kilogram

Penerapan Prokes Sistem Bubble dan pelaksanaan Official Test di lapangan mendapat dukungan penuh dari Kemenkes, Dinkes, RSUP NTB, Satgas Covid-19, Satgas Travel Bubble, BNPB, Basarnas, hotel-hotel, dan masyarakat NTB.

“Progres vaksinasi di Pulau Lombok akan terus ditingkatkan, menuju pelaksanaan event Moto GP di Maret nanti,” ucap Menko Airlangga.

Tinggalkan Komentar