Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

Menko Airlangga Pompa Semangat Mahasiswa UIR untuk Terjuni UMKM

Selasa, 31 Mei 2022 - 21:49 WIB
Menko Airlangga Pompa Semangat Mahasiswa UIR untuk Terjuni UMKM
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Memang betul, perekonomian Indonesia sangat bergantung kepada UMKM. Wajar bila Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong sektor usaha ini terus berkembang.

Saat ini, kata Menko Airlangga, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar 61 persen. Dan, sektor usaha ini menyerap tenaga kerja hingga 97 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

“Diharapkan juga, kontribusi UMKM terhadap ekspor non migas yang saat ini baru mencapai 16 persen dapat ditingkatkan,” papar Menko Airlangga di depan civitas akademika Universitas Islam Riau (UIR), dikutip Selasa (31/5/2022).

Dia menerangkan, betapa pentingnya pengembangan UMKM, sebagai salah satu critical engine bagi perekonomian nasional. Agar sektor ini terus bertumbuh dan berkembang, pemerintah menyediakan banyak insentif.

Baca juga
Petani Gunungkidul Deklarasi Dukungan, Relawan Optimis Bisa Usung Ganjar di 2024

Kini, kata dia, pemerintah sudah mengintegrasikan Program Kartu Prakerja dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk menjadi kunci munculnya UMKM baru yang bisa berdaya saing.

Selanjutnya, Menko Airlangga menyemangati para mahasiswa untuk memanfaatkan program integrasi Kartu Prakerja dan KUR. Tujuannya ya itu tadi. Agar muncul pelaku usaha sektor UMKM baru dari kalangan kampus. “Yang tertarik bisa mendapatkan akses permodalan dengan nudah. Asalkan siap berwurausaha, setelah menerima pembekalan Program Kartu Prakerja,” imbuhnya.

Pemerintah, lanjutnya, telah menambah skema KUR Super Mikro (di bawah Rp10 juta) untuk pekerja terkena PHK, dan ibu rumah tangga, serta melakukan kebijakan KUR khusus bagi korporatisasi baik petani maupun nelayan.

Baca juga
Jelang Pemilu, Kang Emil Siap Jadi Kader Partai

“Dari segi anggaran, pemerintah telah melakukan front loading berbagai kebijakan insentif fiskal dan perlindungan sosial di awal tahun ini sebagai keberpihakan dan dukungan terhadap UMKM,” tutur Menko Airlangga.

Selanjutnya, Ketua Umum Partai Golkar ini, membocorkan strategi agar UMKM bisa cepat berkembang tidak mulai dari nol lagi. Yakni, dengan terus melakukan kajian-kajian dan perbaikan kebijakan UMKM yang telah ada di Indonesia. Hal inilah yang juga dilakukan pemerintah saat ini sehingga membuat UMKM menjadi critical engine ekonomi nasional. [ikh]

Tinggalkan Komentar