Senin, 26 September 2022
30 Safar 1444

Menko Airlangga: Presidensi G20 Momentum Kebangkitan Ekonomi Indonesia

Kamis, 07 Apr 2022 - 21:56 WIB
Menko Airlangga: Presidensi G20 Momentum Kebangkitan Ekonomi
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak seluruh pihak untuk memanfaatkan momentum Presidensi G20 sebagai pendorong perekonomian nasional.

Menurut dia, Presidensi G20 Indonesia memberi peluang dalam memimpin proses pemulihan ekonomi global, melalui tiga prioritas utama. Yakni, kesehatan, digitalisasi ekonomi, dan transisi energi.

“Presidensi G20 Indonesia diharapkan bisa membantu pemerintah mengembangkan perdagangan global. Pengembangan dilakukan dengan berbagai dukungan diantaranya yakni promosi industri sawit berkelanjutan melalui strategi hilirisasi,” papar Menko Airlangga, Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Program hilirisasi, lanjutnya, menjadi upaya untuk meningkatkan nilai tambah komoditas dengan mengolah barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. “Dengan adanya hilirisasi ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing komoditas ekspor di tingkat global dan memperkuat industri manufaktur dalam negeri,” tegas Menko Airlangga.

Baca juga
Airlangga Jajaki Peluang Kerja Sama Tambang dan Energi dengan Afrika Selatan

Dukungan lain yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan daya saing komoditas adalah dengan mengembangkan Kawasan Berikat Hortikultura Berbasis Ekspor.
Kawasan Berikat tersebut merupakan kombinasi dari penyediaan modal dan teknologi oleh perusahaan serta lahan dan tenaga kerja oleh petani. Kombinasi ini dilakukan agar kualitas komoditas yang dihasilkan dapat lebih jauh berdaya saing sehingga mampu menembus pasar internasional.

“Di samping meningkatkan daya saing, pemerintah juga berupaya meningkatkan ekspor komoditas global melalui pemberian fasilitas promosi perdagangan dan investasi serta sosialiasi penggunaan Local Currency Settlement. Insentif lain juga diberikan Pemerintah dalam bentuk perpanjangan batas waktu Pengajuan Pembebasan Sanksi Penangguhan Ekspor sebagai respon pemerintah dalam mengurangi dampak yang dirasakan eksportir akibat pandemi,” ujar Menko Airlangga

Tinggalkan Komentar