Menko PMK Minta Waspadai Teknologi Digital Terobos Ranah Pribadi

Screenshot (145) - inilah.com
Menko PMK Muhadjir Effendy

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta mewaspadai teknologi digital.

Globalisasi dan kehadiran revolusi 4.0 membuat teknologi digital dengan mudah masuk ke ruang-ruang privasi yang selama ini tak diketahui.

“Teknologi digital telah menerobos masuk, jauh ke ranah pribadi menghadirkan segala informasi yang tidak terbendung. Maka nilai-nilai budaya dan sosial kita menjadi terancam,” ujar Muhadjir dalam webinar Moderasi Indonesia untuk Dunia, Senin (15/11/2021).

Di sisi lain, mentalitas yang belum kuat akan nilai-nilai pancasila, bisa berakibat negatif dalam menyikapi pengaruh eksternal yang merasuki budaya bangsa Indonesia.

“Kita juga menghadapi ancaman perubahan situasi geopolitik global, meluasnya peran dan kekuatan pertahanan dan pengaruh negara-negara asing,” kata Muhadjir.

Baca juga  Foto: Taiwan Expo 2021 Hadirkan Industri 4.0

Pengawasan budaya internal yang belum efektif, menambah faktor ancaman ‘serangan’ teknologi digital.

“Untuk merespon tantangan ini, Pemerintah beserta segenap masyarakat Indonesia harus bersatu padu menguatkan iklim nasional dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucap Muhadjir.

Pemerintah, kata Muhadjir telah mencanangkan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Langkah ini dilakukan sebagai upaya akselerasi pembangunan karakter bangsa Indonesia.

“Agar segera tercipta bangsa yang berintegritas dan memiliki jiwa gotong royong yang luhur untuk mewujudkan kemajuan kemajuan bangsa dan negara Indonesia yang berdaulat, berdikari dan berkepribadian berlandaskan Pancasila,” pungkas Muhadjir.

Tinggalkan Komentar