Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Menparekraf Ingatkan Besarnya Cuan dari Game, Tembus Rp31 Triliun

Jumat, 11 Nov 2022 - 14:41 WIB
Menparekraf Ingatkan Besarnya Cuan dari Game, Tembus Rp31 Triliun
Menparekraf Sandiaga Uno dalam Konferensi Pers Piala Presiden Esports 2022 (Foto:Inilah.com/Harris Muda)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengingatkan besarnya pendapatan dari industri game dan aplikasi untuk Indonesia.

Hal itu disampaikan Sandiaga saat konferensi pers Main Event Piala Presiden Esports 2022 di Istora Senayan, Jumat (11/11/2022).

“Total PDB (Produk Domestik Bruto) di sektor aplikasi dan game telah mencapai Rp31,25 triliun (2021) dan di tahun 2022 akan meningkat di atas 10-15 persen,” kata Sandiaga kepada wartawan.

Pemerintah melalui Kemenparekraf mendukung tumbuh dan berkembangnya sektor game dan juga aplikasi dalam negeri. Termasuk event-event yang mendukung ekosistem game serta aplikasi lokal bisa terus bersaing dan berkembang.

Baca juga
Inilah Kode Redeem Genshin Impact Versi 2.8, Buruan Klaim 300 Primogems Gratis!

“Kami mengharapkan dengan adanya intensitas kehadiran game lokal di Piala Presiden akan semakin membuka peluang usaha dan juga mendorong prestasi kita,” tegasnya.

Tak hanya uang, sektor ekonomi kreatif ini juga mendukung terbukanya lapangan pekerjaan. Sandiaga mencatat sektor ini turut bepengaruh pada hadirnya 21,9 juta lapangan kerja baru.“Dan ini adalah pilar petumbuhan ekonomi kreatif yang mengarah pada digitalisasi,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Piala Presiden Esports 2022 kali ini bakal lebih banyak melibatkan kreator-kreator game lokal. Dari tahun ke tahun, perhelatan Esports Nasional ini kerap menjadi ajang unjuk gigi bagi sejumlah game domestik, baik melalui turnamen atau showcase.

Baca juga
PUBG Original PC Bakal Dirilis Secara Gratis Awal Tahun 2022

Turnamen tahun ini mempertandingkan tiga game lokal karya anak bangsa yang dua di antaranya telah dikompetisikan tahun lalu, yakni Lokapala dan Battle of Satria Dewa.

Satu game lokal baru adalah Battle of Guardians, yang mengedepankan budaya dengan tokoh-tokoh legendaris Indonesia.

“Saya apresiasi piala presiden ini bukan hanya dari segi prestasi tapi juga mendorong inovasi tatanan ekonomi baru yang serba digital,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar