Kamis, 30 Juni 2022
01 1444

Menpora Akui Pemain Naturalisasi Timnas Basket Berpengaruh di SEA Games 2021

Selasa, 24 Mei 2022 - 19:00 WIB
menpora
Menpora Zainudin Amali saat menyambut kedatangan kontingan atlet SEA Games 2021 (foto Haris-Inilah.com)

Program naturalisasi Timnas Basket Indonesia mendapat pujian dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali setelah terbukti berakhir manis di SEA Games 2021, Vietnam.

Pujian itu terlontar dari mulut Zainudin Amali saat menyambut kontingan atlet SEA Games 2021 termasuk cabang olahraga (cabor) basket di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (24/5/2022).

“(Naturalisasi) Itu memang kita memperhitungkan betul. Kita tahu waktu di Filipina bagaimana berhadapan dengan Filipina jauh kalahnya. Saya nonton waktu itu. Nah sekarang berbalik ya, memang peran dari pemain naturalisasi sangat besar,” kata Zainudin Amali kepada awak media.

Baca juga
Shin Tae-yong Minta Pemain di Luar Negeri Bantu Perkuat Timnas di SEA Games 2022

Tokoh politik dari partai Golongan Karya (Golkar) itu tak menampik, peran serta atlet naturalisasi di Timnas Basket hanya sebagai target jangka pendek Menpora atau pun PERBASI selaku federasi basket.

“Tapi naturalisasi akan kita lakukan secara hati-hati. Manfaat untuk timnas nasional dan itu hanya sifat jangka pendek. Jangka panjang harus kita andalkan pembinaan,” jelas Zainudin.

Indonesia memanfaatkan momentum local hero plus pemain keturunan dan naturalisasi guna menambah dan meraih hasil maksimal di ajang multievent seperti SEA Games 2021 lalu.

Pada gelaran yang berlangsung di Vietnam itu, Timnas Basket asuhan Milos Pejic mendapuk tiga pemain naturalisasi yakni Brandon Jawato, Dame Diagne, dan Marques Bolden.

Baca juga
Tak Ada Anggaran, Atlet Senam Peraih Emas PON Papua Batal ke SEA Games Vietnam

Ulah tangan-tangan tangguh ketiganya, Tanah Air mampu tampil moncer di SEA Games 2021. Mereka digdaya dengan selalu unggul poin dalam setiap babak (10 menit).

Torehan emas Indonesia hadir di laga pamungkas, saat dimana Marques Bolden dan kawan-kawan memetik kemenangan 85-81 atas Filipina. [AHA]

Tinggalkan Komentar