Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

Menpora Larang SUGBK Dipakai hingga 2023, Acara Relawan Jokowi Tak Berlaku

Sabtu, 26 Nov 2022 - 11:16 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Silaturahmi nasional dengan tema "Nusantara Bersatu" digelar oleh gabungan Relawan Jokowi dari berbagai elemen menggelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (26-11-2022). (Foto: inilah.com/Diana Rizky)
Silaturahmi nasional dengan tema "Nusantara Bersatu" digelar oleh gabungan Relawan Jokowi dari berbagai elemen menggelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (26/11/2022). (Foto: inilah.com/Diana Rizky)

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali sempat mengatakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dilarang dipakai kegiatan di luar sepak bola hingga tahun depan. Hal ini karena adanya persiapan Indonesia sebagai Piala Dunia U-20 pada 20 Mei-11 Juni 2023. Namun hari ini Sabtu (26/11/2022) stadion GBK dipakai sebagai venue Relawan Jokowi yang tergabung dalam Nusantara Bersatu.

Pantauan inilah.com di lapangan diperkirakan ratusan ribu Relawan Jokowi hadir pada acara tersebut. Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga hadir dalam rangka silaturahmi bersama para relawan.

Hal ini menjadi polemik warganet di social media khususnya Twitter, mereka mempertanyakan izin dari acara tersebut.

Baca juga
Interfaith dan Islamophobia -02

“Lucu yah, Ga boleh dipakai buat Homebase AFF tapi bisa buat acara politis,” cuit akun @siriusimxx.

“GBK gak boleh untuk helatan AFF dan konser musik, tapi boleh dipakai untuk ngumpulin para cebong buzzeRp. Terserah mereka, khan negara ini punya mereka,” timpal akun @Neng_Anxxx.

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) Rakhmadi Afif Kusumo, saat dimintai tanggapan hanya meminta isu ini agar dijawab ke bagian pihak Istana.

“Silakan ke Staff Khusus Presiden,” katanya singkat kepada inilah.com, Sabtu (26/11/2022).

Sementara sampai saat ini Staff Khusus Presiden Aminuddin Ma’ruf dan Kabag Humas Kemenpora Indra Jayaatmaja yang dihubungi inilah.com belum merespons.

Baca juga
Jenderal Polisi Kompak Bungkam Soal Pengusutan Konsorsium 303

Sebelumnya, keputusan pelarangan acara di SUGBK karena sudah masuk daftar stadion yang telah disetujui FIFA untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

Berdasarkan kesepakatan, SUGBK dan stadion-stadion lainnya harus steril dari kegiatan apa pun sejak enam bulan sebelum Piala Dunia U-20.

“Itu (konser) pasti tidak boleh. Jadi semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan disetujui FIFA, November ini akan dimulai direnovasi. Yang sudah selesai (renovasi), stadionnya tidak diizinkan untuk digunakan untuk kegiatan-kegiatan lain,” ucap Zainudin Oktober lalu.

“Kan GBK punya negara, tinggal ngomong saja ke Mensekneg (Menteri Sekretaris Negara),” tambahnya.

Ia juga memastikan apabila sudah memasuki tahap renovasi maka stadion tersebut sudah pasti tidak bisa digunakan untuk kegiatan apa pun, termasuk konser dan pertandingan tim nasional.

Baca juga
Anies Baswedan Ajak Kaum Muda Seluruh Indonesia Bawa Ide Jadi Bagian Perubahan

Kebijakan serupa juga berlaku untuk lima stadion utama lainnya yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20 2023.

Tinggalkan Komentar