Sabtu, 01 Oktober 2022
05 Rabi'ul Awwal 1444

Menpora Minta Masyarakat Indonesia Legowo Israel Main di Piala Dunia U-20 2023

Senin, 27 Jun 2022 - 19:01 WIB
Penulis : Harris Muda
Editor : Ibnu Naufal
Israel
Foto Kemenpora

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta masyarakat Indonesia dapat menerima Israel sebagai salah satu kontestan Piala Dunia U-20 2023.

Zainudin menganggap hal ini sudah menjadi konsekuensi Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-20 2022.

“Iya karena konsekuensi kita menjadi tuan rumah itu sudah sejak awal. Ketika menjadi tuan rumah berarti kita harus siap didatangi oleh siapa saja negara mana saja,” kata Zainudin Amali di Kementerian Pemuda dan Oalahraga (Kemenpora), Senin (27/6/2022).

“Kami sudah menandatangani government guarantee termasuk kepolisian jadi Insya Allah tidak ada masalah,” tegasnya menambahkan.

Semula isu kurang sedap sempat mengudara selepas kepastian melenggangnya Israel U-20 menuju Tanah Air, guna manggung di pentas Piala Dunia U-20.

Baca juga
Jelang Final Piala AFF U-16, Pelatih Vietnam Minta Pengawalan Ketat

Tak sedikit dari pecinta sepak bola Indonesia mengutarakan kekecewaannya selepas hasil kualifikasi Piala Dunia U-20 zona Eropa tampak memihak pada Israel.

Namun, Zainudin Amali mengaku memahami betul perasaan dari sejumlah fans, mengingat hubungan diplomatik Indonesia dengan Israel sama sekali tak pernah terjalin.

“Oh itu biasa ada yang setuju ada yang tidak. Itu orang menyampaikan aspirasi dan harus kita pahami tidak perlu marah-marah. Tinggal saya minta teman-teman (wartawan) untuk menjelaskan bahwa aturan FIFA seperti itu,” ungkap Zainudin Amali.

“Kita sudah punya komitmen bahwa semua negara yang lolos harus bisa bertanding. Jadi sangat clear dan FIFA sama, PSSI juga sama,” tegas Menpora kembali.

Baca juga
Foto: Indonesia Hajar Filipina 5-1 di Piala AFF U-19

Seperti diketahui, Israel lolos ke Piala Dunia U-20 2023 lantaran berhasil menyegel satu tempat di semifinal Piala Eropa U-19 2022.

Selain Israel ada empat tim lain yang sudah memastikan tempat di Piala Dunia U-20 yaitu Prancis, Italia, Inggris dan, tentu saja, Indonesia sebagai tuan rumah.

Tinggalkan Komentar