Selasa, 09 Agustus 2022
11 Muharram 1444

Menpora Pastikan Bendera Indonesia Tetap Bisa Berkibar di SEA Games Vietnam

Rabu, 11 Mei 2022 - 15:08 WIB
Menpora inilah.com
Menpora Zainudin Amali (foto Haris-Inilah.com)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan bendera Merah Putih dan lagu kebangsaan Indonesia Raya dapat berkumandang di SEA Games 2021 meski Indonesia Anti-Doping Organization (IADO) kembali mendapat teguran dari WADA atau Badan Anti-Doping Dunia.

Hal itu diutarakan langsung oleh Menpora usai Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mendapat surat tembusan dari WADA untuk IADO soal Corrective Action Report (CAR) atau Laporan Tindakan Korektif. Karena aturan yang berlaku saat ini masih belum sejalan dengan WADA Code 2021.

“Jadi gini, pada saat kita dicabut sanksi (dari WADA) ada pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan. Nah itu diberi batas waktu, dan sekarang saya sudah panggil lagi sebenarnya,” jelas Zainudin Amali di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Rabu (11/5/2022).

Baca juga
Menpora Minta PSSI Hukum Berat Pelaku Suap di Klub Liga 3

Menurutnya, bendera dan lagu kebangsaan Tanah Air dipastikan akan tetap berkumandang di SEA Games 2021 Vietnam saat atlet Indonesia sukses menggondol medali emas.

“Jadi di SEA Games, tetap akan ada, toh tenggang waktunya sampai Juni kalau tidak salah,” tegas Menpora.

Kemenpora, dari penuturan Zainudin Amali memberi dukungan penuh terhdap pihak terkait termasuk KOI demi penyelesaian permasalahan IADO dengan WADA.

Adapun, IADO disebut hanya butuh adaptasi dengan sejumlah regulasi yang digagas WADA, agar kejadian seperti ditahun sebelumnya tak terulang.

“Saya ini enggak mau ikutan lagi karena nanti dianggap pemerintah intervensi. Tetapi karena ini juga menyangkut bendera dan lagu, saya minta kita segera rampungkan terutama yang regulasi, kalau yang tes dopingnya oke, tidak ada masalah ini yang tentang undang-undang,” tandasnya. [AHA]

Tinggalkan Komentar