Mensesneg Sambangi KSAD Andika, Kode Keras Panglima TNI?

Mensesneg Sambangi KSAD Andika, Kode Keras Panglima TNI? - inilah.com
KSAD Jenderal Andika Perkasa (foto istimewa)

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI Pratikno menyambangi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa di Markas Besar TNI AD di kawasan Gambir, Jakarta Pusat. Ini terlihat dari video pendek yang diunggah TNI AD di akun Instagram @tni_angkatan_darat.

Kedatangan Pratikno itu merupakan kunjungan persahabatan sekaligus berbincang mengenai renovasi di lingkungan Mabes AD. Namun sebagian besar warganet mengomentari kunjungan tersebut adalah kode keras bahwa istana sudah mendapatkan sosok calon Panglima TNI.

Diketahui, tahun ini Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah memasuki masa pensiun, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga hari ini, Senin (11/10/2021) masih belum memutuskan siapa yang akan menggantikan mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) tersebut sebagai Panglima TNI.

Baca juga  Bukan Panglima TNI, KSAD Andika Perkasa Kawal Jokowi Terbang ke Eropa

Beberapa elite memberi rekomendasi ke Presiden Jokowi untuk memilih Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI selanjutnya. Sedangkan kubu lainnya merekomendasikan nama KSAD Jenderal Andika Perkasa.

Sejatinya, jatah untuk posisi Panglima TNI saat ini berasal dari matra Angkatan Laut. Pasalnya, Panglima TNI sebelum Hadi Tjahjanto dua periode berturut-turut diisi dari Angkatan Darat, yakni Jenderal Moeldoko dan Jenderal Gatot Nurmantyo.

Meski belum ada keputusan resmi, namun beberapa momen telah menunjukkan sinyal-sinyal sosok calon Panglima TNI yang akan ditunjuk menggantikan Hadi Tjahjanto.

Sinyal pertama ditunjukkan dengan kehadiran Presiden Jokowi saat peresmian Komponen Cadangan (Komcad) di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Batujajar, Bandung Barat, Jawa Barat beberapa hari lalu.

Baca juga  Komisi I DPR Akan Datangi Rumah Andika Perkasa

Dalam acara tersebut KSAD Andika juga tampak akrab dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Mantan Danjen Kopassus itu merangkul erat Andika di hadapan perwira TNI yang hadir.

Sinyal kedua yakni unggahan video di akun Instagram TNI AD saat Mensesneg RI Pratikno menemui Andika di Mabes AD. Dari kunjungan itu, maka tidak salah jika masyarakat menilai sebagai kode keras dari istana untuk calon Panglima TNI.

Dalam video berdurasi 4 menit 19 detik itu, tampak Andika terus menemani Pratikno berkeliling ke sejumlah ruangan yang memperlihatkan seni arsitektur modern bercampur klasik. Bahkan Pratikno juga sempat mencoba alat gym yang tersedia di Mabes AD.

Baca juga  Andika belum Tahu Kapan Dilantik Sebagai Panglima TNI



Tinggalkan Komentar