Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Mensos Risma Minta Izin Guntur Gunakan Gambar Soekarno di Uang Pecahan Rp100.000 Baru

Jumat, 08 Okt 2021 - 19:23 WIB
Penulis : Agus Priatna
Mensos Risma Minta Izin Guntur Gunakan Gambar Soekarno di Uang Pecahan Rp100.000 Baru - inilah.com
Mensos Risma menemui Guntur Soekarnoputra di kediamannya di Jakarta Selatan (Inilah.com/Agus Priatna)





Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi kediaman Guntur Soekarnoputra, ahli waris dari Pahlawan Nasional yang juga Proklamator, Ir Soekarno, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (8/10/2021).

Mewakili pemerintah, Mensos Risma meminta izin kepada Guntur untuk menggunakan sosok gambar Ir Soekarno dalam perpanjangan kontrak pengeluaran pecahan uang kertas Rp100.000 tahun emisi 2022.

Mensos Risma yang datang didampingi Asisten Gubernur Bank Indonesia Dwi Pranoto, Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Immaduddin Sahabat, dan Kasubdit Optimalisasi Kas Direktorat Pengelolaan Negara Kemenkeu Moch Abdul Kobir, disambut langsung oleh Guntur beserta istri dan anaknya.

“Kami memohon kepada keluarga Pahlawan Nasional untuk diizinkan menggunakan gambar mereka di uang rupiah emisi baru,” ujar Mensos Risma.

Dia berharap, nantinya sosok di lembaran uang tidak sekedar menampilkan gambar pahlawan, namun lebih sebagai penghargaan dan memiliki pesan bagi anak-anak untuk mengenal para pahlawan bangsa.

“Anak-anak mesti mengenal para pahlawan, karena tidak sekedar pelajaran melainkan bisa digunakan penguatan karakter bangsa yang sangat luar biasa,” tambah Mensos Risma.

Atas nama keluarga Ir Soekarno, Guntur mengizinkan dan merasa senang karena merupakan kehormatan bagi keluarga sekaligus bagi mendiang Bung Karno.

“Kami apresiasi kepada Ibu Mensos Risma atas rencana penerbitan uang dengan foto Pahlawan. Juga, mendorong pemerintah agar mata pelajar budi pekerti diberikan di sekolah-sekolah” harap Guntur.

Di akhir pertemuan, Guntur memberikan cenderamata berupa dua buku karyanya kepada Mensos Risma.

Sebelumnya, Mensos Risma juga mengunjungi kediaman Meutia Hatta, ahli waris dari Pahlawan Nasional dan juga Proklamator, Drs Mohammad Hatta, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Meutia pun mengizinkan dan senang sekali gambar sang ayah digunakan kembali dalam uang rupiah.

“Tentu itu juga merupakan pelajaran sejarah bagi anak-anak sekarang yang belum lahir. Jadi mereka tahu siapa Bung Karno dan siapa Bung Hatta,” katanya.

Sementara itu, Dirjen Pemberdayaan Sosial Kemensos Edi Suharto mengunjungi kediaman ahli waris dari enam Pahlawan Nasional lainnya, yang gambarnya juga digunakan dalam uang kertas baru emisis 2022. Mulai dari kediaman ahli waris Raden Djuanda Kartawidjaya, Cut Meutia, Mohammad Husni Thamrin, KH Idham Chalid, Frans Kasiepo, hingga GSSJ Ratulangi.

Untuk diketahui, Bank Indonesia berencana untuk mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah tahun emisi 2022 dalam bentuk uang kertas pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000 dengan tetap mempertahankan gambar Pahlawan Nasional yang ada pada uang rupiah kertas tahun emisi 2016.

Tinggalkan Komentar