Selasa, 24 Mei 2022
23 Syawal 1443

Menteri Sekaligus Kader, Syahrul Yasin Limpo Berat Diusung Partai NasDem jadi Capres 2024

Syahrul Yasin Nasdem
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (foto: InfoPublik.id)

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dinilai mustahil diusung jadi bakal calon presiden (capres) dari Partai NasDem dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada Juni 2022 nanti.

Meski Syahrul tercatat sebagai kader Partai NasDem sekaligus menteri yang pernah berkiprah di kepemimpinan daerah, namun ia tak pernah masuk bursa pencalonan presiden di Pilpres 2024.

Terlebih, politisi Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago sebelumnya membocorkan usulan tiga bakal calon presiden dari Partai NasDem yang terdiri dari dua kepala daerah dan satu menteri. Namun, nama Syahrul tak pernah disebutkan.

“Syahrul sebagai kader tentu NasDem selalu mendukung kadernya. Tapi Partai NasDem punya tagline ‘play to win’, jadi pertama syarat elektabilitas, kalau tidak mencukupi tidak akan didukung (termasuk Syahrul Yasin Limpo),” ujar Irma saat dihubungi Inilah.com di Jakarta, Jumat (6/5/2022).

Baca juga
Foto: Jakarta Diguyur Hujan Seharian

“Memang kemarin ada wacana (Partai NasDem) punya jagoan, itu cuma sekedar wacana dua kepala daerah dan satu menteri. Masih mentah,” tambahnya.

Sementara, Direktur Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti menjelaskan, Partai NasDem akan kesulitan mendorong kadernya pada Pilpres 2024. Sebab, tak ada satupun kadernya yang tercatat masuk radar capres di 2024 pada sejumlah lembaga survei.

“Sejauh ini, belum ada satupun kader Nasdem yang memiliki popularitas apalagi elektabilitas yang bahkan mencapai 2 persen,” papar Ray, Jumat.

“Maka pilihannya adalah mencari figur yang dapat diasosiasikan dengan NasDem,” tandasnya. [ikh]

Tinggalkan Komentar