Sabtu, 21 Mei 2022
20 Syawal 1443

Menumbuhkan Jiwa Wirausaha untuk Membantu Sesama

Img 20220421 Wa0036 (1) - inilah.com
Puluhan anak yatim piatu Yayasan Sosial Panti Asuhan Anak Al Mubarokah, Pasar Jumat, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Foto: Istimewa

Semangat untuk berwirausaha perlu terpatri dalam diri generasi muda Islam. Semangat ini sepatutnya diiringi motivasi untuk membantu sesama.

Hal itu terlontar dari Habib Abdallah Bin Ja’far Assegaf dalam tausiah, kajian Islam, dan bakti sosial Ramadan oleh platform digital ipol.id di Yayasan Sosial Panti Asuhan Anak Al Mubarokah, Pasar Jumat, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (20/4/2022).

Menurut Habib Abdallah, satu wujud wirausaha adalah berdagang. Apabila aktivitas berdagang hendak seiring dengan membantu sesama, ujar Habib Abdallah, Nabi Muhammad SAW harus menjadi suri tauladan.

“Contohlah Nabi Muhammad kalau berdagang niatnya membantu orang. Maka, idolakan Baginda Nabi Muhammad karena wirausaha yang luar biasa,” terang Habib Abdallah kepada para anak yatim piatu dan peserta lainnya.

Baca juga
Santuni Anak Yatim Saat Ramadan, Airlangga Didoakan Jadi Presiden

Habib Abdallah memaparkan, Nabi Muhammad ketika berdagang bukan mencari keuntungan dunia. Namun, berdagang untuk berdakwah, membantu sesama, dan mencari ridho Allah SWT.

Oleh karena itu, Habib Abdallah mendukung apabila ada anak-anak di Yayasan Sosial Panti Asuhan Anak Al Mubarokah yang hendak berwirausaha ketika dewasa. Namun, ia mengingatkan supaya hal itu dijalankan dengan taqwa.

“Sebagai wirausaha harus punya kelebihan, menjadikan usaha urusan dunia ini menjadi berkah. Harus ada niat membantu sesama,” tutur Habib Abdallah

Dia pun mendorong agar anak-anak yatim piatu di Yayasan Sosial Panti Asuhan Anak Al Mubarokah dan generasi muda Islam lainnya ketika dewasa mencari rezeki maksimal. Aspek terpenting rezeki tersebut barokah.

Baca juga
Foto: Penjualan Dodol Betawi Camilan Takjil Puasa Ramadan

“Buat apa dapat harta banyak, punya mobil banyak tapi tidak berkah. Jika mendapat harta yang berkah, maka akan bermanfaat buat ia sendiri dan orang banyak. Ilmu yang berkah juga bermanfaat buat orang lain,” imbuh Habib Abdallah

Habib pun turut mengingatkan untuk berbagi kepada anak-anak yatim piatu dan duafa ketika mendapatkan rezeki.

Sementara, Ketua Penyelenggara Bakti Sosial Ramadhan dari ipol.id, Timur Arif mengungkapkan, pembagian ratusan paket sembako dan santunan berjalan selama Ramadan sebagai wujud membantu sesama. Untuk di Yayasan Sosial Panti Asuhan Anak Al Mubarokah ini, pihaknya membagikan 55 paket sembako dan santunan.

Baca juga
Ahli Gizi Sarankan Menu Sehat saat Puasa Ramadan

“Kami ingin anak-anak yatim piatu dan anak-anak muda mampu berdikari. Memberi sumbangsih bagi pembangunan bangsa dengan menjadi wirausaha tangguh yang Islami,” kata Timur.

Tinggalkan Komentar