Menunggu Deklarasi Capres Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. instagram.com/ganjar_pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bisa saja menang Pemilu Presiden (Pilpres) jika mendapat tiket dari PDI Perjuangan maupun diusung oleh partai lain termasuk Partai Golkar.

“Dalam pandangan saya Ganjar Pranowo adalah sosok yang berintegritas meskipun belum ada pernyataan mendeklarasikan diri sebagai Calon Presiden,” kata pakar komunikasi politik Emrus Sihombing kepada inilah.com, Sabtu (13/11/2021).

Emrus menambahkan, Ganjar merupakan kader ideologis PDI Perjuangan yang militan. Meski Ganjar aktif bersosialisasi di media sosial, menurutnya Ganjar masih mematuhi perintah partainya, setidaknya hingga saat ini.

“Saya yakin betul Ganjar adalah kader ideologis yang sangat militan bagi PDI Perjuagan, sebagai kader militan dia akan taat pada mekanisme partai, saya yakin Ganjar akan hormati itu,” ujar Emrus.

Baca juga  Zulhas Puji Ganjar di Acara Rakerwil PAN Jateng: Pak Ganjar Banyak Fansnya di PAN

Memiliki integritas dan militansi tak membuat Ganjar dengan mudah diusung partai-nya menjadi Calon Presiden. Tawaran bahkan datang dari partai lain, salah satunya Partai Golkar.

Namun demikian menurut Emrus, keputusan penentuan Capres dan Cawapres merupakan kewenangan elite partai.

“Yang bisa kita percaya menyampaikan Capres dan Cawapres adalah Ketua Umum, Sekjen, atau Jubir partai. Selain ketiga jabatan itu menurut saya masih berupa pandangan pribadi, bukan keputusan resmi,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurdin Halid mengatakan, partainya membuka peluang untuk mencalonkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden 2024 jika Ganjar tidak dicalonkan oleh PDI Perjuangan.

Baca juga  Sindir Puan Soal Capres, Anggota DPR dari PKS Minta Maaf ke PDIP

Namun, mantan Ketua PSSI itu tidak menyebutkan apakah Ganjar akan dicalonkan sebagai Presiden atau menjadi Wakil Presiden mendampingi Airlangga.

Namun hal tersebut ditepis Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia. Menurut Doli Capres Partai Golkar saat ini tetap Airlangga Hartarto.

Sementara itu, dalam berbagai kesempatan, Ganjar belum mendapat lampu hijau dari PDIP untuk maju sebagai Capres. Bahkan Ganjar beberapa kali pernah ditegur oleh Ketua Umum-nya Megawati Soekarnoputri. Bahkan Megawati mempersilahkan kader yang mbalelo keluar dari PDIP.

Elektabilitas Ganjar sebagai Calon Presiden tidak dapat dikesampingkan. Dalam berbagai survei nama Ganjar cukup diperhitungkan, bahkan kerap menempati posisi tiga besar. Selaku Gubernur dua periode di wilayah penduduk paling padat di Indonesia, Ganjar mempunyai cukup modal menjadi Capres. Ditambah lagi Ganjar disebut-sebut juga dekat dengan Presiden Jokowi.

Baca juga  Aturan Belum Jelas, Plt Kepala Daerah Bisa Menjabat Satu Periode

Tinggalkan Komentar