Kamis, 01 Desember 2022
07 Jumadil Awwal 1444

Merapi Mengancam, Menteri ESDM ke Mekah

Minggu, 07 Nov 2010 - 17:30 WIB
Penulis : R Ferdian Andi R
Menteri ESDM Darwin Zahedi Saleh

INILAH.COM, Jakarta - Letusan gunung Merapi masih mengancam wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Namun Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedi Saleh tetap berangkat melaksanakan ibadah haji Selasa (9/11) besok.

Menteri Darwin Zahedi Saleh memastikan keberangkatannya itu. "Alhamdulillah," ujarnya, menjawab pertanyaan INILAH.COM apakah benar dirinya berangkat ibadah haji Selasa (9/11) besok?

Ketika ditanya bagaimana dengan pemantauan gunung Merapi di saat kritis seperti saat ini? Politikus Partai Demokrat ini menegaskan sesuai pembagian kerja di KESDM, kewenangan pengendalian dan pengambilan keputusan tentang perkembangan hasil pemantauan gunung api berada di tangan Kepala Pusat Vulkanologi ESDM, Dr.Surono (Mbah Rono). "Beliau ini secara organisasi berada dalam supervisi Kepala Badan Geologi, Dr Sukyar," katanya.

Darwin menuturkan, pengambilan keputusan terkait prilaku gunung api sangat membutuhkan kompetensi dan keahlian keilmuan. Apalagi, sambung Darwin, laporan dari Badan Geologi dan Pusat Vulkanologi itu dalam Standard Operation Procedure (SOP) langsung disampaikan kepada Presiden, Menteri ESDM, Gubernur dan Pemerintah Daerah terkait serta Kepala BNPB.

"Presiden, termasuk Menteri ESDM sangat mempercayakan keputusan yang membutuhkan keahlian dan kompetensi teknis seperti itu langsung kepada terkait serta Kepala BNPB," paparnya.

Presiden bersama dirinya, sambung Darwin, sangat mempercayakan keputusan yang membutuhkan keahlian dan kompetensi teknis seperti itu langsung kepada ahlinya. "Menteri ESDM akan terus diberikan laporan," katanya menjawab apakah dirinya akan memantau meski berada di Mekah. [fer]