Rabu, 17 Agustus 2022
19 Muharram 1444

Merdeka Copper Gelontorkan Rp124,68 Miliar untuk Caplok Saham JPI

Selasa, 05 Jul 2022 - 11:11 WIB
Merdeka Copper Gelontorkan Rp124,68 Miliar untuk Caplok Saham JPI
PT. Merdeka Copper Gold/ist

PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) melalui anak usahanya yakni PT Hamparan Logistik Nusantara (HLN) mengakuisisi saham PT J&P Indonesia (JPI).

Dalam proses akuisisi ini, anak usaha PT Merdeka Copper tersebut membeli saham JPI sebesar 17.047.999 lembar saham dari PT Batuta Tambang Abadi (BTA). Nilai transaksi jual beli itu taksirannya sebesar Rp124,68 miliar.

“Transaksi ini dalam rangka mendukung lebih lanjut tindakan korporasi yang dilakukan oleh HLN,” ungkap manajemen perseroan dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia Tbk (BEI), dikutip Selasa (5/7/2022).

Transaksi ini perseroan lakukan karena BTA memiliki kepentingan untuk kegiatan usaha HLN. Selain itu, transaksi tersebut merupakan bentuk dukungan pemegang saham HLN dalam rangka melakukan langkah-langkah strategis dalam melakukan tindakan korporasi yang HLN ke depannya.

“Atas dokumen-dokumen sehubungan dengan transaksi antara BTA dan HLN, telah dibuat menggunakan syarat dan ketentuan yang sama apabila dilakukan dengan pihak yang tidak terafiliasi, sehingga syarat dan ketentuan atas Transaksi tersebut dilakukan secara arm’s length,” imbuh manajemen.

Baca juga
Astra Borong Saham Bank Jasa Jakarta Senilai Rp3,87 Triliun

Kedua transaksi tersebut merupakan transaksi afiliasi. Di mana baik BTA maupun HLN merupakan perusahaan terkendali perseroan. Namun, transaksi afiliasi ini bukan merupakan transaksi benturan kepentingan.

Sebelumnya, perseroan juga mengumumkan penyetoran modal senilai Rp376,87 miliar, dan pengambilan sebagian saham baru yang diterbitkan HLN sebanyak 292.907 lembar senilai Rp292,01 miliar. Di mana sebesar Rp83,96 miliar dicatatkan oleh HLN sebagai agio. Setelah efektifnya transaksi, BTA memiliki sebanyak 55,3 persen dari seluruh saham yang HLN keluarkan.

Tinggalkan Komentar