Kamis, 06 Oktober 2022
10 Rabi'ul Awwal 1444

Meski Ibu Kota Pindah, Jakarta Tetap Jadi Pusat Ekonomi

Minggu, 23 Jan 2022 - 10:28 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Img 20220122 170440 - inilah.com
Meski Ibu Kota Pindah, Jakarta Tetap Jadi Pusat Ekonomi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bahwa Kota Jakarta masih tetap akan menjadi pusat perekonomian.

Hal itu menyusul pindahnya Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur berdasarkan keputusan bersama pemerintah dan DPR.

“IKN kan sudah jadi Undang-undang. Yang jelas, Jakarta akan terus menjadi pusat perekonomian,” tegas Anies seusai menghadiri dialog di Sulawesi Selatan, Sabtu (23/1/2022).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menambahkan gelar yang selama ini melekat di Jakarta, akan tetap berjalan meski bukan lagi ibu kota.

“Jakarta akan menjadi pusat kegiatan kebudayaan, dan akan menjadi simpul dari bangsa Indonesia, itu tetap,” tutur mantan Rektor Universitas Paramadina ini menekankan.

Baca juga
Anies: DKI Cetak Sejarah Terkait Lima Kali WTP Berturut-turut

Begitu juga soal pembangunan. Anies akan tetap melanjutkan pembangunan kota Jakarta sesuai dengan janjinya.

“Nah, pemerintahan pindah ke sana, tetapi Jakarta tetap, dan kita akan bangun terus Jakarta. Masalah ada di Jakarta akan terus diikhtiarkan agar bisa selesai,” tuturnya menjelaskan.

“Jadi selama delapan bulan ke depan, fokusnya adalah, memastikan semua rencana program, semua kegiatan, bisa tuntas. Saat ini fokusnya 100 persen untuk Jakarta,” sambungnya menegaskan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan wilayah di Provinsi Kalimantan Timur menjadi Ibu Kota Negara baru setelah Jakarta. bahkan DPR melalui Undang-undang IKN sudah menyetujui perpindahan ibu kota negara.

Tinggalkan Komentar