Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Mewujudkan Bangunan Menjadi Smart Building

Rabu, 30 Nov 2022 - 08:37 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Ilustrasi smart building.(Foto: istock)
Ilustrasi smart building.(Foto: istock)

Manajemen energi untuk gedung saat ini menjadi kebutuhan bagi pengelola bangunan di era digital. Tujuan utamanya adalah untuk mewujudkan operasional yang lebih efisien dan mendorong pengurangan penggunaan emisi karbon dalam skala besar.

Bangunan pintar menyediakan analitik data secara real-time yang memungkinkan pembuat keputusan membuat pilihan berdasarkan informasi yang akurat untuk meningkatkan keberlanjutan, efisiensi, dan ketahanan bangunan, sekaligus memberikan pengalaman yang lebih baik bagi penghuni.

Saat ini, masih terdapat kesenjangan tentang bagaimana industri real estat dapat mengintegrasikan data dan solusi digital dengan sebaik-baiknya untuk mencapai target sustainability dan menciptakan bangunan yang cerdas dan terhubung.

WiredScore telah meluncurkan akreditasi ‘Solusi Terakreditasi’ untuk mendukung penyedia teknologi dalam mendemonstrasikan nilai/manfaat dari solusi digital pintar untuk sektor bangunan.

Standar tersebut bertujuan untuk membantu bisnis mencapai target SmartScore mereka dengan cara yang lebih hemat baik dari segi waktu maupun biaya.

Baca juga
Waspada Bahaya Aplikasi Penipuan Berkedok Schneider Electric

EcoStruxure, sebagai pondasi teknologi dari berbagai solusi Schneider Electric, telah menjadi salah satu yang pertama menerima akreditasi ini dari WiredScore.

Akreditasi ini akan menjadi sebuah pengukuhan bagaimana penerapan produk, teknologi, dan software Schneider dapat mendukung gedung pintar yang siap untuk masa depan.

Akreditasi WiredScore akan menjadi standar yang diakui secara global yang dapat memperlihatkan dengan lebih baik nilai manfaat dari investasi teknologi pintar untuk bangunan komersial.

Solusi Schneider Electric, seperti EcoStruxure Building Advisor dan EcoStruxure Resource Advisor, akan memungkinkan peningkatan fungsionalitas pengguna seperti kualitas udara yang lebih baik, optimalisasi kenyamanan, pelaporan energi yang lebih tepat, pengisian daya e-mobilitas, dan pemeliharaan prediktif.

Akreditasi ini menjadi upaya berkelanjutan Schneider Electric dalam menghadirkan solusi digital cerdas yang memungkinkan bisnis menciptakan ruang yang cerdas, hijau, dan sehat.

Baca juga
Foto: Indonesia-Prancis Kerja Sama Program Pengembangan Pendidikan Vokasi

“Kami sangat bersemangat untuk memulai perjalanan ini dengan WiredScore dan menjadikan EcoStruxure sebagai salah satu Solusi Terakreditasi pertama yang diluncurkan. Pengelolaan energi untuk Gedung memiliki potensi besar utk menjadi lebih digital agar lebih efisien dan mendorong pengurangan efisiensi karbon dalam skala global. Inisiatif ini merupakan langkah maju yang luar biasa dalam membantu klien kami memahami nilai manfaat yang dapat diberikan oleh investasi mereka dalam teknologi digital,” kata Kas Mohammed, VP of Digital Energy at Schneider Electric.

“Kemitraan dan berbagi pengetahuan sangat penting untuk mencapai tujuan sustainability. Kami melihat bahwa langkah pertama ini adalah salah satu dari sekian banyak perjalanan yang berdampak yang akan memungkinkan WiredScore dan platform EcoStruxure dari Schneider Electric untuk mengilustrasikan bagaimana real estat dan teknologi pintar dapat dihubungkan dan dengan demikian membuat langkah signifikan menuju netralitas karbon,” ucapnya lagi.

Baca juga
Membaca Tantangan dan Peluang Perdagangan Digital

Sementara itu, Arie Barendrecht, pendiri dan CEO WiredScore, menyatakan, “Kami sangat bersemangat untuk meluncurkan penawaran Solusi Terakreditasi kami ke pasar, untuk membangun jembatan antara real estate dan teknologi, memungkinkan pemilik bangunan dan solusi teknologi yang melayani mereka untuk.”

Tinggalkan Komentar