Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Minim Pasokan, Harga Daging Sapi di Cianjur Tembus Rp140.000 per Kg

Selasa, 21 Jun 2022 - 10:43 WIB
Minim Pasokan, Harga Daging Sapi di Cianjur Tembus Rp140.000/Kg
Daging Sapi di Pasar Tradisional/ist

Harga daging sapi dan ayam mengalami kenaikan khususnya di pasar tradisonal Cianjur, Jawa Barat. Sebab beberapa waktu terakhir ini harga daging sapi menjadi Rp140.000 per kg dan daging ayam Rp37.000 per kg.

Kepala UPTD Pasar Induk Pasirhayam Cianjur, Doni Wibowo mengatakan, naiknya harga dua komoditas pangan itu karena minimnya stok. Padahal untuk daging sapi rata-rata harganya Rp120.000 per kg.

“Untuk daging ayam dari Rp35.000 menjadi Rp37.000 per kg. Kenaikan harga karena minim-nya stok di tingkat agen dan distributor. Kami memperkirakan harga daging akan kembali mengalami kenaikan menjelang masuknya hari raya kurban,” katanya di Cianjur, Selasa (21/6/2022).

Baca juga
Foto: HET Dicabut, Minyak Goreng Kemasan Tembus Rp24.000 Per Liter

Dia mengatakan, pihaknya langsung bergerak cepat untuk berkoordinasi dengan menggelar oprasi pasar. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan harga yang signifikan. Hingga saat ini, tingkat penjualan masih stabil dan stok mencukupi hingga hari raya kurban.

Ia juga memastikan pasokan daging sapi yang terbatas di tingkat peternak terjadi karena merebaknya kasus Penyakit Kuku dan Mulut (PMK). Sedangkan pengurangan produksi daging ayam karena tingginya harga pakan.

Pedagang di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur, mengatakan penjualan daging masih normal bahkan terbilang meningkat, meski harga merangkak naik. Pedagang pun berharap kenaikan harga tidak sampai melambung, karena dapat berpengaruh rendahnya penjualan.

Baca juga
Kapolri Perintahkan Kapolda Jaga Ketersediaan Minyak Goreng

“Kalau stok masih aman meski peternak mengurangi produksi. Kalau melihat harga saat ini, belum berpengaruh ke penjualan yang masih normal, 100 kilogram per hari untuk daging ayam dan 100 kilogram untuk daging sapi,” kata pedagang daging di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur, Andri Willy.

Tinggalkan Komentar