Minum Teh dan Kopi Bikin Panjang Umur, Begini Penjelasannya

Minum Teh dan Kopi Bikin Panjang Umur, Begini Penjelasannya - inilah.com
Kopi dan Teh terbukti membantu panjang umur berdasarkan penelitian

Bersyukurlah anda yang rajin minum kopi atau teh tiap harinya. Dikutip dari laman Express, Selasa (26/10/2021), sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Open Diabetes Research & Care mengungkapkan minum teh dan kopi setiap hari membantu panjang umur.

Studi ini dilakukan tim peneliti dari Jepang menganalisis efek konsumsi teh hijau dan kopi di antara hampir 5.000 orang dewasa penderita diabetes.

Mereka mengamati risiko kematian dini yang paling rendah di antara peserta yang minum empat cangkir teh dan dua cangkir kopi setiap hari. Minuman tersebut telah terbukti mengatur berat badan, mengoptimalkan metabolisme, dan meningkatkan kesehatan otak.

Baca juga  Terapi Sinar Laser Hilangkan Tatto dan Jerawat

Namun studi baru ini adalah salah satu yang pertama melihat efek kesehatan pada penderita diabetes yang mengonsumsi kedua minuman tersebut setiap hari.

Sebagai bagian dari penelitian yang berlangsung selama lima tahun, para peneliti memberikan kuesioner kepada peserta yang telah terdaftar di The Fukuoka Diabetes Registry.

Pertanyaan seputar diet dan gaya hidup, termasuk seberapa banyak peserta berolahraga, apakah mereka merokok, berapa lama tidur, dan berapa banyak teh hijau dan kopi yang mereka konsumsi setiap hari. Pada akhir penelitian, 309 partisipan telah meninggal.

Studi tersebut menyimpulkan mereka yang minum satu cangkir teh hijau setiap hari memiliki peluang kematian dini 15 persen lebih rendah, dan minum dua hingga tiga cangkir 27 persen lebih rendah. Minum empat cangkir memiliki peluang 40 persen lebih rendah.

Baca juga  Studi: Antibodi dari Vaksin Pfizer Mungkin Berkurang Setelah 7 Bulan

Ketika berbicara tentang kopi, minum satu cangkir per hari diamati memiliki kemungkinan kematian 19 persen lebih rendah, dan minum dua cangkir kopi per hari dikaitkan dengan kemungkinan kematian dini 41 persen lebih rendah.

Orang-orang dengan kemungkinan kematian dini terendah adalah mereka yang memberi peringkat empat cangkir teh hijau dan dua cangkir kopi setiap hari.

“Kami menemukan bahwa konsumsi teh hijau dan kopi yang lebih tinggi secara signifikan dikaitkan dengan penurunan semua penyebab kematian pada pasien dengan diabetes tipe 2,” ungkap peneliti.

Tinggalkan Komentar