Minyak Bekas Bantu Warga Terdampak Covid-19

Minyak Bekas Bantu Warga Terdampak Covid-19 - inilah.com

Pandemi Covid-19 menyusahkan berbagai sektor. Banyak yang merasa sudah terlalu lelah dan nyaris rebah.

Tetapi tidak bagi warga di lingkungan RW 05 Kelurahan Karangklesem, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Semangat mereka masih tinggi. Sisa energi, langkah dan nafasnya digunakan untuk berbuat hal bermanfaat. Terutama bagi sesama di tengah pandemi.

Dimulai dengan mengumpulkan jelantah. Jelantah merupakan minyak bekas pemakaian. Meliputi minyak sawit dan segala minyak goreng lainnya. 

“Sejak akhir bulan Mei 2020, kami menggunakan model sedekah jelantah dan rongsok,” kata Ketua RW 05 Sidiq Fathoni, Kamis (9/9/2021).

Jelantah Bantu Warga Terdampak Covid-19

Baca juga  Setengah Tubuh Hangus Terbakar, Tukang Las Masih Semangat Berangkatkan Orang Tua Naik Haji

Menuju  tujuan jauh selalu diawali dengan langkah kecil. Seperti yang dilakukan Sidiq Fathoni. 

Dari berbagai persoalan yang timbul di tengah pandemi Covid-19, memantik semangatnya ingin membantu warga yang terdampak virus mematikan itu.

Kebiasaan warga yang kerap membuang jelantah ke selokan atau pekarangan rumah berhenti. Dirubahnya secara baik dan benar untuk mamfaat yang lebih besar.

Mengawalinya dengan membeli berbagai botol berukuran 1,5 liter di tukang rongsok. Diberi stiker Sedekah Jelantah. Lalu dibagikan kepada warga untuk menampung setiap jelantah.  Setelah banyak terkumpul disetorkan ke pengurus Sedekah Jelantah.

Selain jelantah, disediakan juga karung  yang disablon dengan tulisan Sedekah Rongsok. Di berikan kepada warga untuk menampung barang-barang bekas pakai.

Baca juga  5 Atlet PON Asal DKI Terpapar Covid-19, Dokter Curiga Varian Baru

Saat semua sudah terkumpul, baik rongsokan dan jelantah dijual ke pengepul. Uang dari hasil penjualan digunakan membantu warga yang sedang terdampak Covid-19.

Walau belum melakukan hal-hal besar, tetapi Sidiq Fathoni dan warganya sudah memulai hal kecil dengan cinta yang besar. Buktinya puluhan warga setempat yang terdampak Covid-19 sangat terbantu dengan program sederhana itu. 

Tinggalkan Komentar