Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Piala Dunia 2022: Mistar dan Tiang Gawang Bikin Uruguay Ditahan Korsel

Kamis, 24 Nov 2022 - 23:02 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Son Heung-min dari Korea Selatan berinteraksi dengan Diego Godin dari Uruguay setelah bermain imbang 0-0 di Stadion Education City pada Kamis (24/11/2022). (Foto: GettyImages/Stu Forster/)
Son Heung-min dari Korea Selatan berinteraksi dengan Diego Godin dari Uruguay setelah bermain imbang 0-0 di Stadion Education City pada Kamis (24/11/2022). (Foto: GettyImages/Stu Forster/)

Pertandingan Uruguay dan Korsel berakhir dengan imbang di matchday pembuka Grup G Piala Dunia 2022. Bermain di Education City Stadium, Kamis (24/11) malam WIB, kedua kesebelasan mengakhiri laga dengan skor 0-0.

Kedua tim bermain cukup berimbang pada sepanjang pertandingan, Uruguay melepaskan 10 tendangan dengan hanya satu yang mengarah ke gawang. Sementara itu Korea Selatan mencatatkan 7 tembakan, tetapi tidak ada satu pun yang on target.

Dua peluang yang nyaris membuahkan hasil didapatkan Uruguay. Pertama melalui Diego Godin, tetapi sundulannya masih menghantam tiang gawang. Begitu juga sepakan keras Federico Valverde yang masih membentur tiang gawang Korsel.

Hasil ini membuat kedua negara mengantongi 1 poin, sementara Korea Selatan dan Uruguay menempati peringkat dua teratas grup. Posisi mereka akan berubah tergantung hasil pertandingan Portugal lawan Ghana.

Jalannya pertandingan

Korsel mendominasi penguasaan bola pada menit-menit awal permainan, tetapi Uruguay mulai bisa memberikan tekanan saat laga mencapai menit ke-15.

Baca juga
Mohammed Kudus, Penentu Kemenangan Ghana Atas Korsel

Uruguay mencatatkan peluang pada menit ke-22. Sebuah umpan silang dari kanan ke kotak penalti Korsel gagal dijangkau Darwin Nunez.

Kali ini giliran Korsel menyerang, Son Heung-min melewati penjagaan Jose Martin Caceres di sisi kiri sebelum melepaskan tembakan kaki kanan melengkung. Namun, bola masih bisa dipotong pemain Uruguay.

Uruguay membalas melalui serangan balik. Mathias Olivera mengirimkan bola ke kotak penalti yang dikejar Darwin Nunez, tetapi bola keburu ditangkap Kim Seung-gyu sebelum mencapai kaki penyerang Liverpool itu.

Korsel menciptakan peluang pada menit ke-34. Na Sang-ho melepaskan umpan silang dari kanan yang diterima Hwang Ui-jo. Meski berdiri bebas, tembakannya justru melambung dari gawang.

Menjelang turun minum, Uruguay mendapat peluang. Facundo Pellistri mengirimkan umpan silang kepada Luis Suarez yang disapu Jung Woo-young untuk menjadi sepak pojok. Bola sepakan Federico Valverde disambut Diego Godin dengan sundulan, tetapi masih mengenai tiang gawang.

Baca juga
Suporter Inggris Pakai Simbol Hina Umat Islam di Qatar, FIFA Meradang

Kedudukan 0-0 bertahan sampai babak pertama berakhir.

Babak II

Selepas jeda, sebuah peluang didapat Uruguay. Umpan Darwin Nunez dari sayap kiri dengan mudah dipatahkan sebelum bola menjangkau Luis Suarez.

Korea membalas dengan tendangan Cho Gue-sung di luar kotak penalti, tetapi usahanya masih melebar dari gawang Uruguay.

Memasuki 10 menit terakhir. Darwin Nunez melepaskan umpan silang ke kotak penalti, Edinson Cavani gagal menyundul bola dengan baik sehingga menghasilkan tendangan gawang.

Peluang emas kembali didapat Uruguay. Valverde mendapatkan bola di luar kotak penalti, gelandang Real Madrid itu kemudian melepaskan tembakan keras ke arah sudut atas gawang Korsel. Namun, hanya mengenai tiang gawang Kim Seung-gyu.

Sebelum pertandingan berakhir, kiper Uruguay Sergio Rochet membuat kesalahan setelah operannya justru mengarah ke pemain lawan. Son Heung-min langsung meneruskan dengan tembakan yang melesat tipis dari gawang.

Baca juga
Ada Korea Selatan, Ini Empat Tim Tak Terkalahkan di Penyisihan Grup FIBA Asia Cup

Tidak ada gol yang tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain

Uruguay (4-3-3): Sergio Rochet, Jose Martin Caceres, Diego Godin, Jose Gimenez, Mathias Olivera (Matias Vina 79′), Matias Veccino (Nicolas de la Cruz 79′), Rodrigo Bentancur, Federico Valverde, Facundo Pellistri, Luis Suarez (Edinson Cavani 64′), Darwin Nunez

Korea Selatan (4-2-3-1): Kim Seung-gyu, Kim Young-gwon, Kim Jin-su, Kim Min-jae, Kim Moon-hwan, Jung Woo-young, Lee Jae-sung (Son Jung-ho 75′), Hwang In-beom, Son Heung-min, Hwang Ui-jo (Cho Gue-sung 74′), Na Sang-ho (Lee Kang-in 75′)

Tinggalkan Komentar