Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

Mobil Robot 'Penawar' Kemacetan Seharga Rp28M

Kamis, 13 Okt 2011 - 09:13 WIB
Penulis : Billy A. Banggawan
Wildcat

INILAH.COM, London – Ilmuwan Oxford University berhasil mengembangkan sebuah mobil robot yang mampu menyetir dan menavigasi sendiri. Mobil ini diyakini menjadi ‘penawar’ kemacetan lalu lintas.

Artinya, mobil berteknologi canggih ini mulai bisa masuk jalanan 15 tahun mendatang. Para pengendara yang lelah bisa memanfaatkan fitur autopilot dan tidur sejenak. Kendaraan cerdas bernama ‘Wildcat’ dari Oxford ini dibuat dengan bantuan kontraktor canggih BAe Systems.

Mobil ini memiliki laser dan kamera ‘mata’ untuk membaca jalan serta otak komputer masif untuk memproses informasi, membuat keputusan dan beradaptasi pada kondisi, kecepatan dan lingkungan yang berubah.

Menurut ilmuwan, sistem navigasi mobil ini jauh lebih akurat dibanding sistem navigasi konvensional yang benar-benar otomatis dan tak butuh referensi satelit lokasinya serta mampu merespon secara mandiri pada kendaraan lain dan rintangan.

Profesor Paul Newman dari Oxford University mengatakan seperti dikutip DM, “Kita butuh mobil yang bisa berpikir dan berkosentrasi untuk Anda serta mobil yang tak memaksa Anda selalu menyetir. Mobil ini akan sempurna dalam 15 tahun mendatang."

Berikut videonya. [mor]