Selasa, 17 Mei 2022
16 Syawal 1443

Modus Baru Pencurian Ban: Toyota Innova Dibuat ‘Ngambang’ Tanpa Roda, Ditukar Batu Bata

Toyota Innova- inilah.com
Foto Herald

Sebuah Modus baru pencurian ban mobil Toyota Kijang Innova terjadi di kawasan ruko, Merakurak, Tuban, Jawa Timur pada Kamis lalu (03/02).

Modus ganjal batu bata tersebut sudah sering terjadi di Tuban. Hal tersebut mengonfirmasi dari Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP M Adhi Makayasa yang mengatakan, kasus pencurian ban mobil sudah dua kali terjadi.

Pertama di lingkungan kantor inspektorat dan yang kedua di kawasan ruko yang berada di Kecamatan Merakurak.

“Kita sudah terima dua laporan tersebut, kasus pencurian ban mobil dengan modus ganjal batu,” kata M Adhi Makayasa mengutip herald,id.

Diketahui, aksi kriminal itu kerap terjadi pada malam hari. Mengenai siapa pelaku dari aksi kejahatan tersebut, polisi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk bisa mengungkap.

Baca juga
JPU Tuntut Hukuman Mati ke Herry Wirawan

Dengan adanya peristiwa itu, Adhi meminta masyarakat agar lebih berhati-hati dan waspada saat memarkirkan kendaraan.

“Masih kita lakukan penyelidikan, jika ada perkembangan akan kami sampaikan,” pungkasnya.

Dengan adanya peristiwa itu, Adhi meminta masyarakat agar lebih berhati-hati dan waspada saat memarkirkan kendaraan.

Sebelumnya ban mobil Toyota Kijang Innova yang terparkir berasal dari batako.

Usut punya usut, batu bata tersebut disengaja ditukar oleh orang tak dikenal. Sedangkan ban mobil tersebut dibawa lari si pencuri.

Tips Aman Parkir Mobil

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, pemilik mobil harus berhati-hati pada saat memarkirkan mobilnya mengacu banyak kasus pencurian ban mobil.

Baca juga
Jokowi Kesemsem Metaverse, Elon Musk Malah Tidak Tertarik

Selain cari parkir yang aman, Didi menyarankan tindakan preventif yang bisa pemilik mobil lakukan untuk menghindari pencurian pelek dan ban.

“Ya kalau cara pencegahannya menurut saya kan biasanya baut roda itu ada kalau ngga empat, lima, atau enam. Nah itu biasanya ada yang jual yang satu itu unik. Baut itu hanya dapat terbuka dengan kunci khusus, nah itu bisa terpasang di tiap roda,” katanya mengutip Otogrid.

Didi mengatakan cukup satu baut untuk satu ban bisa mencegah terjadinya pencurian pelek karena untuk membukanya harus menggunakan kunci khusus.

Perlu juga jadi kiat untuk menyimpan kunci khusus tersebut juga harap berhati-hati. Simpan bersamaan dengan kunci ban yang ada di mobil agar tidak hilang atau lupa saat menaruhnya.

Baca juga
Samsung A50, Masih Eksis di Tengah Gempuran Produk Baru

Didi juga menambahkan, tindakan pencurian pelek memang suatu hal yang harus dengan hati hati, sehingga untuk pencegahan dengan penggunaan alarm kurang efektif.

“Kan ada alarm yang menggunakan sensor suara, ada juga yang menggunakan sensor getar. Kalau tindakan pencegahan itu dengan hati-hati ya alarm yang sensor getar ngga bunyi,” ucap dia.

Tinggalkan Komentar