Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Moeldoko Anggap Wajar Jenderal AS Temui Panglima Andika

Senin, 25 Jul 2022 - 14:13 WIB
Whatsapp Image 2022 07 14 At 11.59.10 - inilah.com
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam konferensi pers di Gedung Krida Bhakti Sekretariat Negara Jakarta, Kamis (14/7/2022). Foto: Antara

Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko menganggap wajar, pertemuan Kepala Staf Gabungan AS (Chairman of The Joint Chiefs of Staff/CJCS) Jenderal Mark AA Milley dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Minggu (24/7/2022). Dia menilai pertemuan tersebut penting dilakukan untuk menguatkan komunikasi antar kedua negara yang bermitra.

Menurut Moeldoko, yang pernah menjabat Panglima TNI, petinggi militer Indonesia juga melakukan hal sama jika pergi ke negara lain. Sedangkan dalam konteks pertahanan, komunikasi melalui petinggi militer juga penting untuk membangun kerja sama pertahanan dan memiliki kesepahaman dalam memandang suatu isu.

Baca juga
Jokowi Pimpin HUT TNI di Istana, Rakyat Saksikan dari Luar

“Kita juga berkunjung ke panglima sebuah negara untuk bertukar pikiran, untuk men-delivery (menyampaikan) kami inginnya begini, ah itu biasa kita lakukan seperti itu, agar negara lain juga paham bahwa Indonesia punya sikap dalam melihat situasi lingkungan seperti apa, itu biasa kita lakukan seperti itu,” kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin (25/7/2022).

Selepas menemui Jenderal Andika Perkasa, Milley menyatakan Indonesia merupakan negara penting bagi AS dan dunia. Secara geografi, lebih dari dua pertiga perdagangan internasional melewati wilayah pasifik dan sebagian besar datang lewat jalur laut di Indonesia.

“Penting bagi Asia Tenggara, Asia, dan seluruh dunia,” ujarnya. “Sebagai negara terbesar keempat dan negara Muslim terbesar, serta militer profesional yang tangguh dan mitra militer AS,” ujarnya pula.

Tinggalkan Komentar