Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Moeldoko Gelisah dengan Bahasa Medsos

Rabu, 15 Des 2021 - 12:07 WIB
Penulis : Willi Nafie
Moeldoko Gelisah dengan Bahasa Medsos

Moeldoko gelisah dengan bahasa medsos. Kepala Staf Kepresidenan ini mengungkapkan kerisauannya lantaran bahasa kerap tertera di media sosial jauh meninggalkan karakter daripada Bangsa Indonesia.

Moeldoko mengatakan, sejatinya bangsa Indonesia adalah bangsa yang beradab. Jangan sampai identitas bangsa memudar karena bahasa media sosial.

Penyadaran kembali akan nilai bangsa yang beradab, berbudi pekerti luhur, serta mengedepankan sopan santun dan gotong royong harus dilakukan oleh semua pihak, sebagai kekuatan mengatasi berbagai tantangan di masyarakat.

“Bahasa-bahasa di medsos sudah jauh dari karakter bangsa yang memiliki tradisi bagus dan nilai-nilai luhur,” kata Moeldoko saat membuka Konvensi Nasional Humas (KNH) 2021 secara virtual, di gedung Bina Graha, Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Moeldoko mengingatkan insan humas Indonesia tidak terjebak dalam pusaran arus disinformasi, hoaks, dan fitnah. Terlebih lagi, saat ini sumber informasi datang dari berbagai penjuru, dan seringkali hadir begitu saja di tengah-tengah publik tanpa ada check and balance. Dia mengingatkan hal tersebut penting diperhatikan, agar orang lain tidak seperti Moeldoko gelisah dengan bahasa medsos saat ini.

Baca juga
Pemerintah Klaim BPJS Kesehatan Syarat Jual Beli Tanah Logis Diterapkan

“Ini sebuah tantangan yang harus dihadapi teman-teman humas, bagaimana menyampaikan informasi dengan cepat tanpa meninggalkan norma dan etika,” ucap Moeldoko.

Moeldoko Ingatkan Insan Humas Aktif

Moeldoko juga meminta insan humas berperan aktif mensosialisasikan disiplin protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat saat menghadapi Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Pasalnya tidak menutup kemungkinan bakal terjadai mobilisasi di momentum itu. Semua pihak meski harus memiliki rasa peduli untuk ikut bersama memabantu upaya pemerintah mecegah penularan COVID-19.

“Akan terjadi mobilisasi luar biasa pada Natal dan Tahun Baru. Ini yang harus kita jaga bersama,” ujar Moeldoko sekaligus mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

Baca juga
Piala Presiden Esports 2022 Dihelat 10 Agustus, Berhadiah Rp2 Miliar

Konvensi Nasional Humas  2021

Konvensi Nasional Humas (KNH) 2021 mengusung tema “Semangat Resiliensi dan Optimisme Untuk Indonesia Tumbuh”.

KNH menggelar kegiatan ini secara virtual tersebut diharapkan bisa menjadi momentum bagi insan humas Indonesia. Kemudian bisa membajak krisis pandemi COVID-19 dengan mengubah pola kerja lama dan berinovasi menggunakan cara-cara baru.

Tinggalkan Komentar