Selasa, 17 Mei 2022
16 Syawal 1443

Morgan Stanley: The Fed Berpeluang Naikkan Suku Bunga Enam Kali pada 2022

The Fed Berpeluang Naikkan Suku Bunga Enam Kali pada 2022 - inilah.com
Foto: Antara

Morgan Stanley memperkirakan Federal Reserve AS akan menaikkan suku bunga enam kali tahun ini dengan total 150 basis poin. Ini adalah peningkatan yang lebih cepat dari perkiraan, menurut laporan penelitian dari bank tersebut pada Kamis (17/2/2022).

Bank-bank investasi besar telah memperkirakan kenaikan suku bunga yang semakin kuat untuk tahun 2022, setelah data inflasi yang lebih panas dari perkiraan meningkatkan tekanan pada The Fed untuk mengambil sikap yang lebih tegas terhadap kenaikan harga.

“Menyusul perubahan baru-baru ini pada prospek inflasi kami, kami sekarang memperkirakan The Fed akan memberikan total enam kenaikan 25 basis poin tahun ini,” tulis Kepala Ekonom Morgan Stanley AS Ellen Zentner dalam laporannya.

Baca juga
Lima Saham Disuguhkan saat IHSG Berstatus Netral

The Fed kemungkinan akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada akhir pertemuan kebijakan Maret. Menyusul kenaikan 25 basis poin tambahan pada Mei, Juni dan Juli, dengan dua kenaikan pada September dan Desember, menurut Morgan Stanley.

Data pekan lalu menunjukkan harga konsumen AS naik pada laju tercepat sejak awal 1980-an, memicu spekulasi pasar untuk kenaikan besar-besaran 50 basis poin dari pertemuan Fed 15-16 Maret.

Morgan Stanley sebelumnya mengatakan 125 basis poin pengetatan kebijakan tahun ini akan tepat.

Tinggalkan Komentar