MotoGP Aragon: Bagnaia Raih Kemenangan Perdana, Marquez Naik Podium

MotoGP Aragon: Bagnaia Raih Kemenangan Perdana, Marquez Naik Podium - inilah.com

Pembalap Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia meraih kemenangan MotoGP perdananya setelah unggul dalam pertarungan sengit dengan pembalap Repsol Honda Marc Marquez di Grand Prix Aragon, yang berlangsung di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol, Minggu (12/9/2021).

Bagnaia mendapat serangan bertubi-tubi dari Marquez di tiga lap terakhir sebelum melintasi garis finis 0,673 detik lebih cepat. Juara dunia bertahan Joan Mir melengkapi podium untuk Suzuki 3,9 detik berselang.

Start dari posisi empat, Marquez merangsek dua posisi untuk menebar ancaman ke Bagnaia yang memimpin lomba dari pole position.

Sejak awal, Marquez memang diprediksi tampil kuat di Aragon layaknya ketika dia merebut kemenangan pertama musim ini di Sachsenring, karena sirkuit yang berlawanan arah jarum jam tidak memberi tekanan berat kepada lengan sang pembalap yang masih dilanda cedera.

Pada enam lap terakhir, Bagnaia semakin mendapat tekanan dari sang juara dunia enam kali asal Spanyol yang ingin mencoba mencuri kemenangan di kampung halamannya sendiri.

Baca juga  Foto: Buruh Demo Tolak UMP dan UU Cipta Kerja

Tiga lap tersisa menjelang finis, Marquez sempat beberapa kali mengambil alih pimpinan lomba sebelum Bagnaia merestorasi posisinya.

Pada upaya ketujuhnya mencoba menyalip di lap terakhir, Marquez justru melebar dari tikungan sehingga membuat Bagnaia bisa sedikit bernafas menuju garis finis demi kemenangan perdananya di kelas premier.

Sementara pembalap Aprilia Aleix Espargaro naik dua posisi untuk finis keempat di Aragon, tepat di depan Jack Miller dari tim Ducati dan Enea Bastianini yang meraih hasil terbaiknya musim ini untuk tim Avintia Ducati.

Adapun pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo yang start dengan buruk dari posisi tiga, di lomba sepanjang 23 putaran itu tidak memiliki kecepatan yang dibutuhkan hingga akhirnya harus puas dengan finis kedelapan.

Baca juga  Francesco Bagnaia Menangi GP Algarve, Ducati Juara Konstruktor

Dengan hasil itu, Bagnaia naik ke peringkat dua klasemen dengan jarak 52 poin dari Quartararo yang masih kokoh di puncak. Sedangkan Mir tergeser ke peringkat tiga dengan selisih empat poin dari Bagnaia.

Setelah berpisah dengan Yamaha di tengah musim, Maverick Vinales menjalani debut sebagai pebalap Aprilia yang mengontraknya hingga 2022. Sang pebalap Spanyol itu start dari posisi 19 dan finis satu posisi lebih baik.

Cal Crutchlow kembali menjalani tugas dari Yamaha untuk menempati bangku yang ditinggalkan Vinales, sedangkan Jake Dixon ditugasi ke tim Petronas Yamaha, menggantikan Franco Morbidelli yang masih cedera, namun gagal menyelesaikan lomba.

Berikut hasil lengkap balapan MotoGP Aragon 2021:

1. Francesco Bagnaia – Ducati Lenovo
2. Marc Marquez – Repsol Honda
3. Joan Mir – Suzuki Ecstar
4. Aleix Espargaro – Aprilia Racing Team Gresini
5. Jack Miller – Ducati Lenovo
6. Enea Bastianini, Avintia Esponsorama
7. Brad Binder, Red Bull KTM Factory Racing
8. Fabio Quartararo, Monster Energy Yamaha
9. Jorge Martin, Pramac Racing
10. Takaaki Nakagami, LCR Honda Idemitsu
11. Iker Lecuona – Tech3 KTM Factory Racing
12. Alex Rins – Suzuki Ecstar
13. Pol Espargaro – Repsol Honda
14. Miguel Oliveira – Red Bull KTM Factory Racing
15. Danilo Petrucci – Tech3 KTM Factory Racing
16. Cal Crutchlow – Monster Energy Yamaha
17. Johann Zarco – Pramac Racing
18. Maverick Vinales – Aprilia Racing Team Gresini
19. Valentino Rossi – Petronas Yamaha SRT
20. Luca Marini – Sky VR46 Avintia

Baca juga  Kalender Provisional MotoGP 2022 Dirilis, Mandalika Jadi Seri Kedua

Tidak finis
– Jake Dixon, Petronas Yamaha SRT
– Alex Marquez, LCR Honda Castrol.

Tinggalkan Komentar