Sabtu, 26 November 2022
02 Jumadil Awwal 1444

MotoGP: Oliveira Jadi ‘Master of Wet Race’ Usai Menang di Thailand

Minggu, 02 Okt 2022 - 18:28 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
MotoGP: Oliveira Jadi 'Masters of Wet Race' Usai Menang di Thailand
Miguel Oliveira (@88migueloliveira)

Pebalap Red Bull KTM Miguel Oliveira keluar sebagai juara MotoGP Thailand usai menang di lintasan basah (wet race) Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Minggu (2/10/2022).

Ini jadi kemenangan keduanya di lintasan basah setelah sebelumnya menang di Mandalika dan membuat Oliveira mendapat julukan ‘master of wet race’.

Jack Miller yang menguntit di belakangnya, tak mampu melewati Oliveira sepanjang balapan dan harus puas sebagai runner up terpaut 0,730 detik dari sang pemenang.

“Balapan yang panjang pastinya, saya tidak bisa mengeluh karenanya. Setiap kali kami mendapat kesempatan balapan di basah, saya selalu cepat,” kata Oliveira.

“Saya mencoba fokus dan tidak membuat kesalahan, pada akhirnya kami menang. Bukan kondisi yang kami inginkan, tapi saya sangat senang bisa merebut kemenangan ini,” sambungnya

Baca juga
MotoGP: Johann Zarco Klaim Pole Position GP Portugal

Rekan satu tim Miller, Francesco Bagnaia melengkapi podium di posisi ketiga.

Start balapan seri ke-17 Thailand harus tertunda hampir sejam akibat hujan deras yang mengguyur Buriram.

Miller mewarisi posisi pimpinan lomba setelah polesitter Marco Bezzecchi harus mengalah satu posisi karena melanggar limit trek saat ia melebar di tikungan pertama lap pembuka.

Butuh lima putaran bagi Oliveira, yang start dari posisi 11, untuk merangsek ke zona podium sebelum menyalip Bagnaia satu lap berselang dan mengejar pebalap terdepan, Jack Miller yang berjarak 0,6 detik.

Oliveira mendapat peluang pertamanya memimpin lomba lewat manuver terhadap Miller di Tikungan 11 lap ke-8, namun sang pebalap Ducati mampu merebut kembali posisi terdepan saat keluar dari tikungan.

Baca juga
Tuan Guru Bajang Diusir Saat Nonton Aksi Pebalap MotoGP di Mandalika

Di tikungan terakhir menjelang lap 15 Oliveira sukses memanfaatkan kesempatan keduanya menyalip Miller dan memimpin lomba hingga finis terdepan.

Johann Zarco, yang berjarak empat detik dari pimpinan lomba, menyimpan kecepatannya untuk menyerang tujuh lap terakhir demi posisi podium.

Berbekal lap tercepat, sang pebalap tim Pramac Racing memangkas jaraknya dari Marc Marquez sebelum menyalip sang pebalap Repsol Honda untuk posisi ke-4.

Pada dua lap terakhir, Zarco berupaya mencuri podium dari Bagnaia, yang membutuhkan poin berharga untuk perebutan gelar musim ini, tapi sang pebalap Ducati sekuat tenaga bertahan untuk finis di posisi ke-3.

Baca juga
Daihatsu Bagikan Tips Aman dan Nyaman Berkendara Saat Hujan

Marc Marquez melengkapi lima besar, mengulangi tren posisi sekembalinya ia ke kompetisi pascaoperasi lengan kanannya.

Balapan MotoGP akan dilanjutkan ke Sirkuit Phillip Island, Australia pada 17 Oktober.

Lima besar klasemen MotoGP:
Fabio Quartararo (Yamaha): 219 poin
Francesco Bagnaia (Ducati): 217
Aleix Espargaro (Aprilia): 199
Enea Bastianini (Gresini): 180
Jack Miller (Ducati): 179

Tinggalkan Komentar