MotoGP: Quartararo Perkokoh Posisi Pemuncak Klasemen Usai Juarai GP Inggris

MotoGP: Quartararo Perkokoh Posisi Pemuncak Klasemen Usai Juarai GP Inggris - inilah.com

Fabio Quartararo kian mengokohkan posisinya sebagai pemuncak klasemen sementara pembalap MotoGP setelah finis di posisi pertama dalam balapan Grand Prix Inggris, di Sirkuit Silverstone, Minggu (29/8/2021).

Pembalap tim Monster Energy Yamaha ini tampil perkasa menjuarai GP Inggris untuk pertama kalinya di kelas premier demi kemenangan kelimanya musim ini yang sangat penting untuk usahanya merengkuh titel juara dunia.

Juara GP Inggris 2019 Alex Rins juga tampil impresif setelah start dari P10 dan mengklaim podium sebagai runner-up untuk tim Suzuki Ecstar di saat Aleix Espargaro mencatat sejarah dengan mempersembahkan podium perdana bagi Aprilia usai finis di peringkat tiga.

Sementara itu, Valentino Rossi dan Marc Marquez sama-sama memperoleh hasil buruk. Rossi yang diharapkan bisa mendapatkan banyak poin, justru terlempar dari zona poin yaitu 15 besar. Sedangkan Marc Marquez lebih sial lagi karena gagal finis setelah mengalami insiden dengan Jorge Martin di lap pembuka.

Jalannya balapan

Pol Espargaro menerjemahkan pole position dengan baik ketika start untuk memimpin setelah Tikungan pertama. Menariknya, sang kakak, Aleix Espargaro menguntit di posisi kedua.

Baca juga  MotoGP Aragon: Bagnaia Raih Kemenangan Perdana, Marquez Naik Podium

Namun, tak butuh waktu lama bagi Quartararo mendapat celah untuk menjadi yang terdepan setelah mampu menyalip Espargaro bersaudara di lap kelima.

Usai momen ini, Quartararo langsung membuka jarak lebar dan terbukti lewat catatan fastest lap. Dia dengan cepat membuat selisih di angka satu detik. Saat balapan tersisa 10 lap, pembalap asal Prancis itu sudah unggul tiga detik.

Kemudian Espargaro bersaudara juga harus kembali diasapi oleh pembalap Suzuki, Alex Rins. Lap 12, Rins pun menempati posisi kedua tapi dengan gap cukup jauh dari Quartararo.

Pada akhirnya, Fabio Quartararo tanpa halangan berarti memenangi balapan MotoGP Inggris. Disusul Alex Rins di posisi kedua. Kemudian Aleix Espargaro secara heroik finis ketiga setelah memenangi persaingan melawan pembalap tim Ducati Jack Miller pada lap terakhir.

Miller pun harus puas dengan P4 sedangkan Pol Espargaro melorot ke P5. Iker Lecuona mendapati hasil terbaiknya untuk tim Tech3 KTM di P7, mengungguli Alex Marquez (LCR Honda) dan Joan Mir yang harus puas terlempar ke P9.

Baca juga  Bertemu PM Inggris, Jokowi Arahkan Kerja Sama Ekonomi Hijau

Johann Zarco melengkapi sepuluh besar untuk tim Pramac Racing di saat Valentino Rossi, yang start dari P8, melakukan perpisahan dengan fans Inggris di Silverstone dengan finis P18.

Rookie tim Pramac Racing Jorge Martin harus mengakhiri perjuangannya lebih dini setelah terlibat senggolan dengan Marc Marquez di lap pertama. Sang pebalap tim Repsol Honda juga gagal menyelesaikan balapan kendati menunjukkan kecepatan yang menjanjikan di sesi latihan dan kualifikasi di tengah kondisi fisiknya yang belum pulih benar dari cedera.

Dengan lima kemenangan dan delapan podium, Quartararo kini mengoleksi 206 poin, memperlebar jaraknya dari rival terdekat Joan Mir, yang naik ke peringkat dua dengan 141 poin.

Zarco naik ke peringkat tiga dengan 137 poin, menggeser Francecso Bagnaia ke peringkat empat setelah sang pebalap Italia itu hanya mampu finis P14 di Silverstone.

Baca juga  Inilah Neo Cafe Racer, Kuda Besi Jokowi di Sirkuit Mandalika

MotoGP kembali digelar di Silverstone sebagai seri ke-12 di kalender musim ini setelah tahun lalu balapan GP Inggris dibatalkan karena pandemi COVID-19.

Berikut hasil balapan MotoGP Grand Prix Inggris:
1. Fabio Quartararo (Monster Yamaha)
2. Alex Rins (Suzuki Ecstar)
3. Aleix Espargaro (Aprilia Gresini)
4. Jack Miller (Ducati Team)
5. Pol Espargaro (Repsol Honda)
6. Brad Binder (Red Bull KTM)
7. Iker Lecuona (KTM Tech3)
8. Alex Marquez (LCR Honda)
9. Joan Mir (Suzuki Ecstar)
10. Johann Zarco (Pramac Ducati)
11. Danilo Petrucci (KTM Tech3)
12. Enea Bastianini (Avintia Ducati)
13. Takaaki Nakagami (LCR Honda)
14. Francesco Bagnaia (Ducati Team)
15. Luca Marini (Sky VR46 Avintia Ducati)
16. Miguel Oliveira (Red Bull KTM)
17. Cal Crutchlow (Monster Yamaha)
18. Valentino Rossi (Petronas Yamaha)
19. Jake Dixon (Petronas Yamaha)

Tidak finis:
– Jorge Martin (Pramac Ducati)
– Marc Marquez (Repsol Honda).

Tinggalkan Komentar