Minggu, 22 Mei 2022
21 Syawal 1443

MU Tersingkir dari Piala FA Usai Kalah Adu Penalti dari Middlesbrough

Mu Piala FA
(Getty Images)

Manchester United (MU) harus tersingkir di putaran keempat Piala FA setelah dikalahkan Middlesbrough lewat drama adu penalti dengan skor 7-8 (1-1) di Stadion Old Trafford, Jumat (4/2/2022) atau Sabtu (5/2/2022) pagi WIB.

Setan Merah mencetak gol lebih dahulu berkat gol Jadon Sancho di babak pertama. The Boro berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi Matt Crooks di babak kedua. Skor 1-1 ini tidak berubah hingga babak tambahan usai.

Di babak adu penalti, kekalahan MU terjadi setelah tendangan pemain muda Anthony Elanga gagal bersarang ke gawang The Boro.

Jalannya Pertandingan

Pada laga yang berlangsung ketat ini, MU sudah mendapatkan peluang bagus pada menit kedua. Jadon Sancho menyambut bola liar dan sepakannya cuma menghantam mistar gawang. Bruno Fernandes gagal menyambar bola rebound.

Baca juga
Pisah dengan Persija, Simic Tulis Surat Cinta Singgung Gaji

Pada menit ke-6, tendangan salto Cristiano Ronaldo masih dengan mudah diamankan kiper Joe Lumley karena kontak dengan bola kurang sempurna.

MU mendapatkan penalti pada menit ke-19 setelah Paul Pogba dilanggar Anfernee Dijksteel. Ronaldo maju sebagai eksekutor dan mengincar pojok kiri gawang, tetapi tembakannya melebar.

MU menebus kegagalan penalti dengan gol pada menit ke-25. Mendapatkan umpan dari Bruno Fernandes, Sancho membuka jarak dengan pemain bertahan sebelum melepaskan tembakan yang mengecoh kiper. Skor menjadi 1-0.

Selepas jeda, MU masih mendominasi jalannya pertandingan. Namun, peluang emas yang didapatkan Marcus Rashford pada menit ke-53 gagal dimanfaatkan menjadi gol.

Baca juga
Bikin Hattrick ke Norwich, Cristiano Ronaldo Diguyur Uang Rp15,9 Miliar

Kegagalan itu harus dibayar mahal MU karena Middlesbrough sukses mencetak gol lewat aksi Crooks pada menit ke-64. Duncan Watmore mendapatkan bola di sisi kiri di dalam kotak penalti, lalu mengopernya ke kanan dan diselesaikan oleh Matt Crooks.

MU sempat memprotes gol ini karena menilai terjadi handball oleh Watmore. Tayangan ulang menunjukkan bola memang sempat mengenai tangannya sesaat setelah memantul tanah. Video Assistant Referee (VAR) meninjau ulang, tetapi wasit menyatakan gol tersebut sah dengan alasan ketidaksengajaan.

MU pun berupaya untuk mencetak gol kemenangan di sisa laga. Peluang emas didapat Fernandes pada menit ke-72, sayang tembakannya masih mengenai tiang gawang. Skor 1-1 pun bertahan hingga waktu normal berakhir sehingga laga harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Baca juga
Manchester United Resmi Rampungkan Transfer Cristiano Ronaldo

Pada babak tambahan, Setan Merah mencoba terus menekan pertahanan The Boro. Namun, mereka masih kesulitan untuk mengonversi peluang menjadi gol.

Sementara itu, Middlesbrough beberapa kali juga mendapat peluang berbahaya. Sayangnya tidak ada yang tercipta dari kedua tim selama dan pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Di babak adu penalti ini, lima penendang masing-masing tim sukses menunaikan tugasnya dengan sempurna. Ketika memasuki sistem sudden death, tendangan penalti Elanga melambung di atas mistar dan Middlesbrough berhak lolos ke babak putaran kelima Piala FA.

 

 

Tinggalkan Komentar