Selasa, 27 September 2022
01 Rabi'ul Awwal 1444

Muhammad Najib Ambil Alih Ketua Komite ASEAN di Madrid

Kamis, 21 Jul 2022 - 22:53 WIB
M najib inilah.com
Duta Besar RI LBBP untuk Kerajaan Spanyol di Madrid Muhammad Najib (ASEAN Committee in Madrid-ACM)

Duta Besar RI Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Kerajaan Spanyol di Madrid Muhammad Najib resmi menjadi Ketua Komite ASEAN di Madrid (ASEAN Committee in Madrid-ACM) untuk semester kedua tahun 2022.

Indonesia mengambil alih koordinasi ACM pada acara serah-terima dari Duta Besar Viet Nam, YM Hoang Xuan Hai yang digelar dalam pertemuan para duta besar negara anggota ASEAN di Wisma Duta Indonesia, Kamis (21/7/2022) di Wisma Duta RI.

Dalam komite tersebut, Indonesia merencanakan kegiatan yang aktif untuk meningkatkan profil ASEAN di Spanyol, terutama mendukung sinergi antara keketuaan Indonesia di ASEAN dengan Presidensi Spanyol pada Uni Eropa tahun 2023 mendatang.

Adapun beberapa prioritas KBRI Madrid ke depan, pertama adalah mengupayakan kunjungan kehormatan para Dubes ACM kepada Menteri Luar Negeri Spanyol, José Manuel Albares.

Baca juga
Persiapan Dialog Lintas Agama, Dubes Najib Kunjungi Cordoba dan Granada

“Pertemuan ini penting sebagai tindak lanjut pertemuan bilateral antara Menlu Albares dengan Menlu RI Retno Marsudi di Bali pada 8 Juli lalu. Harapannya, kunjungan kehormatan dapat terwujud sebelum dilakukannya KTT G20 di Bali pada 15-16 November mendatang,” kata Najib.

Kedua, lanjutnya, mewujudkan kerja sama konkret antara ACM dengan Casa Asia yang merupakan lembaga pemajuan hubungan Spanyol dengan negara-negara Asia. Kerja sama dengan Casa Asia dipandang potensial mengingat komitmen Spanyol, dan Uni Eropa secara umum, untuk memperluas engagement di kawasan Indo-Pasifik.

Menutup pertemuan, Najib kemudian menjamu para Dubes ACM, serta Konsul Kehormatan Singapura sebagai tamu khusus, dalam jamuan barbeque di halaman belakang Wisma Duta RI. Kesempatan tersebut menjadi ajang informal meeting seraya menikmati suasana musim panas Madrid.

Tinggalkan Komentar