Minggu, 29 Mei 2022
28 Syawal 1443

Muhammadiyah Bakal Merealisasikan SDM Unggul di IKN Nusantara

Muhammadiyah Nusantara - inilah.com
Foto JamberMU

Wakil Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur Mariman Darto mengatakan tak ingin warga asli Kalimantan Timur tidak bisa mengikuti perubahan yang terjadi akibat adanya pemindahan ibu kota. Untuk itu, Muhammadiyah terus melakukan pengembangan diri agar dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan mutu dan kualitas pendidikan masyarakat.

“Lahirnya Universitas Muhammadiyah Kaltim menambah energi baru penyelenggaraan pendidikan terbaik di Kaltim, ini menjadi sangat penting. Bahkan dari sisi pengembangan dosen Muhammadiyah saat ini ada yang melanjutkan pendidikan di dalam dan luar negeri. Kami menyongsong IKN dengan sangat siap,” tuturnya.

Selain perguruan tinggi, untuk pendidikan dasar, menengah dan atas juga terus ditingkatkan, bahkan, Muhammadiyah membangun satu pesantren guna membangun karakter dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang tangguh dan mampu menghadapi tantangan ke depannya.

Baca juga
Saham Sudah Dijual, Yusril Bantah Punya Tambang di IKN Nusantara

“Untuk kesehatan, pengembangan rumah sakit sudah mulai kami lakukan di beberapa tempat. Dan Muhammadiyah sudah menyiapkan dua perusahaan, untuk mengantisipasi perubahan,” ujarnya.

Hal itu, kata dia sebab masuknya perusahaan besar lainnya di Kaltim juga perlu adanya antisioasu. Iamengatakan ada dua PT bergerak infrastruktur jadi persiapan Muhammadiyah.

“Namun, tetap yang utama adalah membangun kesadaran masyarakat untuk siap dengan adanya IKN,” ucap Mariman.

Potensi IKN

Sebagai informasi, Pembangunan kawasan IKN Nusantara bertujuan agar bisa membuka peluang ekonomi baru untuk semua melalui pengembangan potensi, inovasi dan teknologi.

IKN baru ini akan menjadi kota yang progresif, inovatif dan kompetitif dalam berbagai aspek, seperti teknologi, arsitektur, tata kelola dan sosial.

Baca juga
Warga Suku Asli Tolak Pembangunan IKN

Bertempat di Kalimantan Timur, Nusantara akan menetapkan strategi ekonomi superhub yang berkaitan dengan strategi tata ruang untuk melampaui potensi saat ini. Memastikan sinergi produktif antara tenaga kerja, infrastruktur, sumber daya dan jaringan. tak lupa memaksimalkan peluang kerja bagi penduduk ibu kota baru.

IKN Nusantara akan menjadi representasi keharmonisan dalam keragaman. Sebagaimana semboyan Indonesia Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi tetap satu tujuan.

Nusantara juga menjadi modal dasar untuk memajukan kesejahteraan rakyat sekaligus mendongkrak target Indonesia sebagai negara maju, tangguh dan berkelanjutan.

Tinggalkan Komentar