Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

Muhammadiyah Resmikan Universitas SiberMu, Tawarkan Pendidikan Jarak Jauh

Kamis, 07 Okt 2021 - 08:46 WIB
Muhammadiyah Resmikan Universitas SiberMu, Tawarkan Pendidikan Jarak Jauh - inilah.com
(foto: muhammadiyah.or.id)

Pimpinan Pusat Muhammadiyah meresmikan kehadiran Universitas Siber Muhammadiyah (SiberMu) pada Rabu (6/10/2021).

Tujuan dari pembentukan universitas itu adalah untuk mendukung pengembangan SDM yang siap menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0 di mana teknologi semakin cepat.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyebut sebuah universitas di era Revolusi Industri 4.0 tidak cukup dengan retorika dan teori akademik semata sehingga dibutuhkan inovasi baru.

“Universitas SiberMu merupakan mandat negara kepada Muhammadiyah untuk mengisi ruang baru sebagai irisan dari revolusi industri 4.0,” kata Haedar saat peluncuran Universitas SiberMu di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Rabu.

Ia pun bersyukur dan berterima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung proses panjang pengajuan izin pendirian Universitas SiberMu.

Baca juga
Muhammadiyah Minta Wacana Menunda Pemilu 2024 Diakhiri

Haedar menegaskan bahwa jalur panjang yang telah dilewati untuk izin operasional sudah menempuh jalur resmi, legal, objektif dan mengikuti sistem. Jalur tersebut telah menjadi tradisi dan cara berpikir Muhammadiyah.

“Muhammadiyah tidak terbiasa instan dan menerabas. Ini sebagai bentuk kita mengedukasi masyarakat dan bangsa ini bahwa Indonesia tegak baik sebagai state/negara, maupun sebagai nation/bangsa,” kata dia.

Haedar menyebut pendirian Universitas SiberMu ini sebagai langkah konkret dan bukan sekadar retorika dari Muhammadiyah dalam menyambut era revolusi industri 4.0.

“Kita akan betul-betul menyelenggarakan universitas ini dengan seksama, dengan sistem yang baik,” kata dia.

Melalui keberadaan Universitas SiberMu, Haedar berharap akan ada reorientasi pemahaman umum mengenai dunia siber, atau yang lebih dikenal dengan dunia maya.

Baca juga
Jokowi Resmikan Rusun Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Menurutnya, konsep maya sekarang bisa dirumuskan dengan sesuatu yang nyata adanya.

“Yakni dengan keberadaan dunia maya kita ini, bahwa dunia digital, daring, dan dunia sistem informasi yang bersifat terobosan di revolusi 4.0 ini sesungguhnya sudah merupakan realitas baru. Dan ini sekaligus juga menyertakan kita berpikir secara ontologis yang baru,” kata dia.

Universitas SiberMu resmi neroperasi setelah mendapatkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 430/E/0/2021 pada 30 September 2021.

Sementara itu, Pimpinan Universitas SiberMu Bambang Riyanta menuturkan, Universitas SiberMu menerima mahasiswa melalui empat jalur, yakni reguler, karyawan, dan persyarikatan, serta prestasi dengan syarat.

Baca juga
Fatwa Haram Memberi ke Pengemis, Ketua PP Muhammadiyah Minta MUI Sediakan Panti Sosial

“Kami menerima mahasiswa baru melalui jalur reguler, karyawan, persyarikatan, dan prestasi dengan syarat masing-masing,” kata Bambang.

Ia menambahkan, Universitas SiberMu memiliki berbagai program studi seperti Administrasi, Teknologi Administrasi Kesehatan, Sistem Informasi, Hukum, Akuntansi, Manajemen.

“Universitas SiberMU sebagai terjemahan Muhammadiyah atas tantangan yang ada saat revolusi industri 4.0, yang menawarkan sistem pendidikan jarak jauh. Sebagai inovasi abad 21,” tutup dia.

Tinggalkan Komentar