Muhammadiyah Ucapkan Selamat Atas Posisi Indonesia Presidensi G20

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo karena Indonesia berhasil meneruskan estafet Presidensi G20. Ini adalah pertama kali Indonesia memegang forum utama kerja sama ekonomi internasional yang rencananya digelar pada tahun 2022 mendatang tersebut.

“Atas nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi yang telah memperoleh mandat memimpin presidensi G20 untuk 1 tahun kedepan,” kata Haedar Nashir dalam Seminar Nasional Kebangsaan, Senin (15/11/2021).

Haedar Nashir menyampaikan Presidensi G20 Indonesia itu merupakan capaian yang positif dan konstruktif bagi bangsa Indonesia, serta membangun optimisme di kancah global. Keberhasilan ini harus diakui oleh semua komponen bangsa untuk bersama mengisi ruang guna memobilisasi kekuatan domestik di dalam negeri, pasalnya semua akan terkait dengan peran Indonesia di kancah global ke depan.

Baca juga  Patuh ke Rais Aam, PWNU Jatim Dukung Muktamar Digelar Pertengahan Desember

“Indonesia juga perlu melakukan akselarasi dan mencari titik-titik baru memainkan peran yang lebih signifikan di dalam kancah dunia internasional baik di regional maupun tingkat global,” ucap Haedar Nashir.

Diketahui, G20 atau Group of Twenty adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri atas 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa.

Indonesia bakal menjadi Presidensi G20 Tahun 2022. Bangsa ini akan bertanggung jawab penuh atas penyelenggaraan seluruh rangkaian kegiatan Presidensi G20 selama setahun kedepan.

Penyerahan presidensi tersebut dilakukan pada sesi penutupan KTT G20 Roma oleh Perdana Menteri Italia Mario Draghi. Secara simbolis palu diserahkan kepada Presiden yang kemudian mengetukkan palu tersebut.

Baca juga  Muhammadiyah: Bangsa Indonesia Harus Bangkit dari Pandemi

Tinggalkan Komentar