MUI Minta Penamaan Jalan Mustafa Kemal Ataturk Dipikir Ulang

MUI Minta Penamaan Jalan Mustafa Kemal Ataturk Dipikir Ulang - inilah.com
foto istimewa

Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta pemerintah untuk memikirkan ulang rencana penamaan Jalan Mustafa Kemal Ataturk di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Pasalnya, Kemal Ataturk merupakan tokoh asal Turki yang masih menjadi kontroversi.

Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas menjelaskan semasa kepemimpinan Ataturk, Turki menjadi negara sekuler dan selalu bertentangan dengan ajaran Islam. Karena itu ia berharap pemerintah memikirkan ulang penamaan jalan tersebut.

“Kalau pemerintah tetap akan mengabadikan namanya menjadi salah satu nama jalan di ibu kota Jakarta, hal itu jelas merupakan sebuah tindakan yang tidak baik dan tidak arif,” ujarnya, Selasa (19/10/2021).

Baca juga  Ada Anggotanya Tertangkap Densus 88, MUI Pusat Siap Beberkan Fakta

Menurutnya, jika nama Mustafa Kemal Ataturk tetap diabadikan menjadi sebuah nama jalan maka dikhawatirkan bakal menyakiti umat Islam. Tak hanya itu, tentunya bakal mengundang keresahan masyarakat.

“Mustafa Kemal Ataturk ini adalah seorang tokoh yang kalau dilihat dari fatwa MUI adalah orang yang pemikirannya sesat dan menyesatkan,” katanya.

Diketahui, penamaan Jalan Mustafa Kemal Ataturk di kawasan Menteng, Jakpus adalah salah satu bentuk kerja sama antara Indonesia dengan Pemerintah Turki.

Karena sebelumnya salah satu jalan di Kota Ankara tepat di depan gedung KBRI yang sebelumnya Jalan Holland diganti menjadi Jalan Soekarno.

Tinggalkan Komentar