Mulai Senin Tol Cikampek, Bogor, dan Merak Berlaku Aturan Ganjil-Genap

@official Jsmr - inilah.com
@official Jsmr

Mulai Senin (20/12/2021) pekan depan, pemerintah menerapkan aturan ganji genap di 4 ruas jalan tol.

Penerapan aturan itu dilakukan untuk menekan mobilitas masyarakat selama libur natal 2021 dan tahun baru 2022 dalam rangka mencegah penyebaran virus COVID-19.

Aturan ganjil genap direncanakan akan diterapkan di ruas tol Tangerang-Merak, ruas tol Bogor-Ciawi-Cigombong, ruas tol Cikampek-Palimanan-Kranci, dan ruas tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi.

Selain menerapkan aturan ganjil genap, pemerintah juga akan melakukan buka tutup rest area, jalan satu arah jika terjadi contraflow, dan melaksanakan random sampling di rest area atau sejumlah tempat lainnya.

Pemerintah juga akan menerapkan checkpoint di jalan tol serta menginstruksikan kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk membuat checkpoint untuk masyarakat yang ingin masuk ke daerahnya.

Baca juga  BNPB: 22 Orang Meninggal Akibat Erupsi Semeru

Selain pergerakan dengan menggunakan kendaraan umum, pemerintah juga mewaspadai perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil yang jumlahnya bisa meningkat.

Pemerintah juga membatasi pergerakan orang menggunakan kendaraan umum dengan membatasi jumlah penumpang. Setiap angkutan umum hanya diizinkan mengangkut 70% dari daya tampung maksimal.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, beberapa waktu lalu menyampaikan aturan ganjil genap akan diterapkan mulai 20 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Tinggalkan Komentar