Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Mulai Jadi Rebutan Partai, Ganjar Berpotensi Menang

Minggu, 14 Nov 2021 - 13:12 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Editor : Ibnu Naufal
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
dok. Humas Pemprov Jateng

Banyak orang tadinya tidak memperhitungkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk diusung menjadi Capres, namun belakangan sudah dua partai besar mulai “melamar ” Ganjar, yaitu Golkar dan PKB.

Mengapa Ganjar mulai jadi primadona? Ini tak lain, lantaran beredar kabar Presiden Jokowi mendukung penuh Ganjar untuk Nyapres. Terbukti hampir seluruh Tim Sukses Ganjar adalah Tim Sukses Jokowi saat dua kali Nyapres.

Tak heran meski sudah beberapa kali Ganjar disindir oleh para kader senior PDIP, termasuk oleh Puan Maharani dan Ketum PDIP Megawati agar tidak “PD” untuk Nyapres, namun Ganjar tetap bergeming, yakni terus membranding dirinya dengan berbagai aktivitas membangun image dirinya sebagai pemimpin yang merakyat.

Baca juga
Ini Brand Jaket Garuda Jokowi, UKM Asal Blora yang Bandrol Harga Rp350 Ribu

Tap bisa dipungkiri, dukungan incumbent dalam berbagai perhelatan pemilihan Presiden, atau Kepala Daerah, sangat menentukan kemenangan.

“Menurut saya setiap partai politik mempunyai mekanisme internal dalam menentukan Capres yang akan diusung. Kalau melihat pak Pak Ganjar memang dia mempunyai banyak kelebihan, ia mempunyai integritas dan militansi,” kata pengamat politik Emrus Sihombing kepada inilah.com, Minggu (14/11/2021).

Dikabarkan sebagai orang dekat Jokowi, Ganjar memang aktif bersosialisasi terutama di media sosial. Sosialiasi Ganjar di media sosial dilakukan dengan massif.

“Terkait Capres memang Ganjar Pranowo belum mendeklarasikan diri secara resmi, baru kelompok masyarakat saja yang pro aktif,” ujarnya.

Menurut Emrus keputusan penentuan Capres dan Cawapres merupakan kewenangan elite partai.

Baca juga
Aurus Senat L700, Mobil Dinas Vladimir Putin yang Bisa 'Berenang'

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurdin Halid mengungkapkan, partainya membuka peluang untuk mencalonkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden 2024 jika Ganjar tidak dicalonkan oleh PDI Perjuangan. Meski demikian pernyataan tersebut belum mewakili sikap resmi partai Golkar.

“Yang bisa kita percaya menyampaikan Capres dan Cawapres adalah Ketua Umum, Sekjen, atau Jubir partai. Selain ketiga jabatan itu menurut saya masih berupa pandangan pribadi, belum keputusan resmi. Tetapi kalau kita melihat Ganjar, dia memang punya modal integritas (untuk nyapres, red)” pungkasnya.

Selain Golkar, tiket Nyapres untuk Ganjar juga datang dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Ketua DPP PKB Daniel Johan mengatakan, partainya terbuka mencalonkan Ganjar dalam Pilpres 2024 bersama sang Ketua Umum Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Baca juga
Jack Grealish Mulai Tumpul, Ini Respons Guardiola

“Semua basis dan struktur partai meminta Cak Imin maju. Kalau saya pribadi cocok juga Cak Imin-Ganjar. Sangat terbuka sebagai Cawapres, meskipun secara formal PKB belum memutuskan masalah pencapresan,” kata anggota Komisi IV DPR itu.

Tinggalkan Komentar