Sabtu, 26 November 2022
02 Jumadil Awwal 1444

Mulan Jameela Soal Kompor Listrik dari Pemerintah: Apa Sudah Termasuk Wajannya Juga?

Sabtu, 24 Sep 2022 - 17:11 WIB
Penulis : Diana Rizky
Editor : Ajat M Fajar
Mulan Jameela Soal Kompor Listrik dari Pemerintah: Apa Sudah Termasuk Wajannya Juga?
Anggota DPR Fraksi Partai Gerindra, Mulan Jameela/ Foto: ist

Anggota Komisi VII DPR Mulan Jameela menilai penerapan kebijakan penggunaan kompor listrik saat ini belum tepat. Sebab masyarakat Indonesia masih belum siap dengan peralihan gas ke listrik dalam memasak.

Mulan mengatakan, peralatan kompor listrik sendiri terbilang cukup mahal, sehingga tidak semua masyarakat bisa menjangkaunya. Apalagi kebijakan konversi kompor listrik dari pemerintah masih belum jelas.

“Katanya harga kompor induksi ini Rp1,5 juta, boleh tanya enggak, sudah termasuk wajan sama panci, apakah tersedia berbagai ukuran? Kalau ibu-ibu tuh pasti baliknya kesitu, belum lagi wajan pancinya mahal-mahal pak. Nih saya jujur ya maksudnya saya bicara sebagai anggota DPR RI sekaligus sebagai emak-emak,” terang Mulan dikutip dari YouTube Komisi VII DPR, Sabtu, (24/9/2022).

Baca juga
Menko Airlangga Jelaskan Program Konversi Kompor Setrum Bukan Tahun Ini

Lebih lanjut, istri musisi Ahmad Dhani ini menjelaskan, budaya memasak masyarakat Indonesia masih konvensional. Sebab hampir seluruh masyarakat Indonesia memasak menggunakan kompor gas dengan peralatan yang murah.

Bahkan Mulan menyebut budaya memasak dengan kompor listrik masih sangat kental dengan budaya luar negeri.

“Untuk saya pribadi saja yang punya kompor listrik, tetep enggak bisa menghindar (penggunaan kompor gas) karena memang budaya Indonesia memasaknya beda dengan di negara barat,” sambungnya.

Selain itu, penerapan konversi kompor listrik ini nantinya justru akan memberikan beban baru kepada masyarakat Indonesia. Sebab saat ini inflasi sedang naik akibat kenaikan harga BBM, sehingga membuat harga kebutuhan pokok ikut terkerek.

Baca juga
Polda Metro: Tak Ada Pelanggaran Karantina oleh Ahmad Dhani-Mulan Jameela

“Kami Komisi VII sepakat bahwa program ini harus dikaji ulang dan menurut saya bahkan program konversi kompor gas ke kompor induksi ini sepertinya apa yang disampaikan pak Bambang ini betul menyelesaikan masalah dengan masalah baru,” ungkapnya.

Tinggalkan Komentar