Jumat, 20 Mei 2022
19 Syawal 1443

Muncul Lagi Penyakit Mulut-Kuku, Terdeteksi di Jatim dan Aceh

Muncul Lagi Penyakit Mulut-Kuku, Terdeteksi di Jatim dan Aceh

Penyakit mulut-kuku mucul di berbagai daerah di Indonesia.  Hingga saat ini ditemukan penyakit mulut-kuku menyerang 1.649 sapi ternak di Jawa Timur dan juga di Aceh. Anggota Komisi IV DPR RI, Johan Rosihan mendesak pemerintah bergerak cepat mengatasi penyakit tersebut.

“Saya menilai pemerintah gagal melakukan deteksi dini PMK, padahal ini merupakan penyakit hewan menular yang paling ditakuti di dunia karena kerugian ekonomi dan sosial yang ditimbulkan sangat besar,” kata Johan di Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Johan mengatakan masyarakat, khususnya peternak sangat khawatir dengan merebaknya penyakit mulut dan mata pada hewan ternak.

Selain itu, Johan mendesak pemerintah untuk segera bertindak cepat dan tepat melakukan antisipasi meluasnya penyakit ini demi keamanan pangan nasional, apalagi sebentar lagi akan memasuki momen Idul Adha.

Baca juga
Terjadi Penembakan di Kereta Bawah Tanah NYC, 23 Orang Terluka

Wakil rakyat dari Dapil NTB 1 ini, juga mendorong pemerintah melakukan isolasi pada daerah kabupaten dan kota yang diidentifikasi sebagai sentra peternakan yang muncul ‘suspect’ penyakit tersebut. Ia tidak ingin wabah itu menjadi ancaman baru yang menakutkan.

“Wabah PMK ini senantiasa menjangkiti sapi, kerbau, kambing, domba dan jenis-jenis hewan sebangsanya, yang juga bisa menular pada manusia. Kasus PMK yang ditemukan di Jawa Timur dan Aceh mestinya mampu meningkatkan kewaspadaan dini secara nasional dan harus tingkatkan monitoring di seluruh daerah demi menjaga keamanan pangan nasional,” katanya. [ikh]

 

Tinggalkan Komentar