Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

Museum Nike Ardilla: Awal Mula, Daya Tarik dan Koleksinya

Selasa, 24 Jan 2023 - 04:53 WIB
Museum Nike Ardilla
Museum Nike Ardilla (foto: Arsip)

Terletak di Kota Bandung, museum yang satu ini tidak kalah menarik untuk masuk ke list tujuan Anda. Museum yang berisikan sejarah seorang artis terkenal di era 90-an asal Kota Kembang, Nike Ardilla.

Sedikit berbeda dengan museum yang ada di Bandung lainnya seperti Museum Pos Indonesia, Museum Geologi ataupun Museum Mandala Wangsit Siliwangi, museum ini memiliki daya tarik tersendiri.

Untuk mengetahui lebih lengkap, bisa simak ulasannya di bawah ini:

Awal mula Museum Nike Ardilla

Tercatat dalam perjalanan panjang industri Tanah Air, tepatnya pada tanggal 19 Maret 1995, dunia musik Indonesia telah kehilangan salah satu aktris, penyanyi asal Kota Paris van Java yang sangat populer kala itu, Nike Ardilla.

Bernama asli Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi, lahir di Bandung, 27 Desember 1975. Kejadian yang merenggut nyawanya kala itu karena sebuah kecelakaan dengan kendaraan yang ia tumpangi. Saat itu usianya baru menginjak 19 tahun. 

Terjadi kecelakaan tunggal, mobil yang dikendarai Nike menabrak pagar beton bak sampah di salah satu kawasan pusat perbelanjaan di Bandung, tepatnya di Jalan L.L.R.E Martadinata, atau dikenal sebagai Jalan Riau.

Berawal ketika Nike baru saja pulang dari salah satu tempat hiburan malam yaitu diskotik Polo. Sekitar pukul 06.15 WIB, artis berwajah ayu itu meninggal saat hendak dilarikan ke salah satu rumah sakit di Bandung.

Tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang berduka, namun juga penggemarnya yang berada di luar negeri juga sangat terpukul mendengar kejadian ini. Berita kematiannya mendadak fenomenal karena saat itu Nike Ardilla tengah berada di puncak popularitas dan menjadi primadona dunia hiburan Tanah Air. 

Karena kejadian ini, melalui sebuah komunitas penggemar bernama Nike Ardilla Fans Club (NAFC) membujuk ayah dari mendiang untuk mendirikan museum. Tahun 1996, museum Nike Ardilla resmi berdiri dan dibuka untuk umum.

Sampai saat ini, museum tersebut masih ramai didatangi pengunjung. Terutama ketika hari wafat dan lahirnya.

Museum dengan bangunan dua lantai ini memiliki luas sekitar 500 meter persegi. Lantai pertama digunakan untuk tempat tinggal dari keluarga mendiang Nike Ardilla. Baru di lantai kedua, area yang juga sekaligus kamar pribadi Nike Ardilla ini dijadikan museum. 

Museum Nike Ardilla

Daya tarik Museum Nike Ardilla

Yang menarik dari museum ini, selain menampilkan banyak barang peninggalan Nike Ardilla, adalah konsep dasar bangunan. Menjadi perhatian pengunjung, karena terdapat paduan desain yang menyerupai Planet Hollywood dan Hard Rock Cafe. 

Ditambah penata letakan barang peninggalan Nike Ardilla yang disusun rapi membuat suasanya seperti berada di dalam museum sungguhan meskipun letaknya berada di rumah pribadi dari mendiang Nike Ardilla. 

Koleksi Museum Nike Ardilla

Barang koleksi yang ada di Museum Nike Ardilla, antara lain koleksi baju show, sepatu, hingga pernak-pernik yang digunakan mendiang semasa hidupnya. Terdapat juga pesan dan kesan dari penggemar Nike Ardilla dari seluruh penjuru negeri. 

Terpajang juga beberapa penghargaan dan foto Nike Ardilla bersama musisi lain seangkatannya. Salah satu yang terpajang adalah musisi sekaligus sahabat baik dari Nike Ardilla, yaitu Melly Goeslaw.

Yang banyak mengundang perhatian, terdapat banyak pajangan foto dari aktris Hollywood yang diidolakan semasa hidupnya, yakni Marlyn Monroe. Selain itu, ada sebuah barang yang menjadi ‘saksi’ kecelakaan, yaitu pintu mobil Honda Civic Genio. 

Museum Nike Ardilla

Lokasi, jam buka dan tiket masuk

Lokasi persis Museum Nike Ardilla ini berada di Komplek Arya Graha, Jalan Aria Utama No. 5, Cipamokola, Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka museum ini adalah setiap hari dari pukul 11.00 hingga 17.00 WIB.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke museum ini, tidak dipungut biaya, alias gratis. Info lebih lanjut bisa langsung menghubungi nomor telpon 081572215999.

Fakta lain dari Nike Ardilla

Sedang berada di puncak kariernya saat itu, Nike Ardilla sudah banyak menjajaki banyak peran di dunia hiburan Indonesia. Debut pertama kali sebagai penyanyi perempuan yang memiliki aliran Pop Rock, sehingga membuatnya dijuluki dengan sebutan Lady Rocker. 

Sebelum kepergiannya, Nike Ardilla sudah memiliki 13 album. Aktif juga di dunia peran, Nike Ardilla sudah memerankan 21 film dan sinetron. Menjadi model untuk cover majalah yang saat itu adalah Tabloid Nova edisi 370 dan mendokrak penjualan hingga 900.000 eksemplar.

Tinggalkan Komentar