Nadiem Minta PTM Terbatas Dibuka untuk PAUD dan SD

Nadiem Minta PTM Terbatas Dibuka untuk PAUD dan SD - inilah.com
Mendikbudristek Nadiem Makarim (foto istimewa)

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim berharap segera dibukanya izin untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD).

“Tolong buka PTM Terbatas segera dan tolong sekali fokus kepada PAUD dan SD,” ujarnya, Kamis (4/11/2021).

Diketahui, saat ini PTM Terbatas telah dilakukan di tingkat SMP dan SMA, namun dirinya menegaskan yang paling dibutuhkan adalah PAUD dan SD. “Yang learning lossnya terbesar PAUD-SD,” lanjutnya.

Menurutnya, pembelajaran jarak jauh yang selama ini dilakukan kerap terkendala beberapa faktor, sehingga ia berharap dapat segera diselesaikan dengan PTM Terbatas. Seperti halnya anak-anak usia di bawah 12 tahun yang belum mendapatkan vaksinasi.

Baca juga  Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza: Giring tidak bijak!

Pemerintah pusat pun sudah mengeluarkan pedoman pembukaan sekolah di Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri sebagai acuan untuk persiapan PTM Terbatas. Dari SKB itu tercantum mekanisme kebijakan yang harus diambil jika ada pelajar atau tenaga pengajar yang terpapar.

“Ada mekanisme kalaupun ada terpapar, sekolah kelasnya bisa ditutup, Pak Menkes sudah ada rencana brilian, yaitu melakukan random sampling 10 persen dari masing-masing sekolah secara proaktif, jadi kita tenang,” jelasnya.

Tinggalkan Komentar