Nadiem Terus Pastikan Percepatan Vaksinasi Pelajar

Nadiem Terus Pastikan Percepatan Vaksinasi Pelajar  - inilah.com
istimewa

Percepatan program pembelajaran tatap muka (PTM) di Indonesia harus segera terealisasikan untuk mengejar ketertinggalan dalam dunia pendidikan serta menghindari generation loss berkepanjangan pada anak di Indonesia.

Hal yang terpenting adalah anak-anak bisa kembali ke sekolah walaupun saat ini masih terbatas dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Tentunya dalam pelaksanaan tersebut, pemerintah tetap mengedepankan kesehatan dan keselamatan bagi seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan PTM dengan melakukan percepatan vaksinasi bagi 5,5 juta pendidik dan tenaga kependidikan sekaligus bagi peserta didik usia 12-17 tahun di seluruh Indonesia

“Kami berterima kasih atas dukungan dari seluruh pihak yang turut mengambil bagian dalam percepatan akselerasi vaksinasi bagi pelaku pendidikan, khususnya di kota Jambi dan sekitarnya. Kami berharap dengan adanya sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak, dapat segera membantu mendukung percepatan pembentukan herd immunity di kalangan akademisi dan segera mengembalikan anak-anak untuk dapat kembali belajar di sekolah dan proses belajar-mengajar di Indonesia dapat berjalan efektif,” kata Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Jambi, Rabu, (22/09/2021).

Baca juga  Kanal Indonesiana, Solusi Kemendikbud Memajukan Budaya Lokal

Saat ini Provinsi Jambi masih dalam Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 dan program vaksinasi masih terus digencarkan. Menurut catatan Kemenkes hingga 18 September 2021 melalui situs Vaksin Kemkes, pencapaian vaksinasi dosisi I di Provinsi Jambi mencapai 1,1 juta orang atau 41,59 persen dari target provinsi dan dosis II mencapai 578.915 orang atau 21,55 persen dari target provinsi.

Untuk kategori peserta  didik usia 12-17 tahun di Provinsi Jambi yang baru menerima vaksin dosis I 35.770 orang atau 9,8 persen dari target provinsi, sedangkan jumlah yang menerima vaksin dosis II baru mencapai 25.026 orang atau 6,87 persen dari target provinsi.

Baca juga  Presiden Jokowi dan PM Dubai Saksikan Pertukaran Sejumlah MoU

Government Relations & External Scientific Affairs Director Danone Indonesia Rachmat Hidayat, menyatakan bahwa Program Sentra Vaksinasi Generasi Maju menjadi wujud nyata dalam mendukung pemerintah untuk memulihkan kembali kesehatan dan ekonomi masyarakat di masa pandemi.

Guru, tenaga pendidik, dan peserta didik menjadi salah satu kelompok prioritas yang harus diberikan perlindungan ganda. Dengan adanya himbauan pemerintah dalam menyegerakan program belajar tatap muka, vaksinasi dapat memberikan kesehatan serta keselamatan bagi pelaku pendidikan.

“Hal ini juga akan memberikan perlindungan bagi peserta didik sehingga dapat merasa lebih aman dan nyaman selama proses belajar berlangsung dan hak siswa dalam memperoleh pendidikan kembali terpenuhi. Kami percaya bahwa pendidikan dan kesehatan anak saling terhubung dan menjadi pilar penting untuk menciptakan generasi maju,” ujar Rachmat.

Baca juga  Pemerintah Berencana Larang Perayaan Tahun Baru

Tinggalkan Komentar