Nafa Urbach Kesal Diteror Pinjol, Begini Jurus Menghadapinya

Nafa Urbach Kesal Diteror Pinjol, Begini Jurus Menghadapinya  - inilah.com
Nafa Urbach Kesal Jadi Sasaran Teror Pinjol (Instagram/@nafaurbach)

Artis Nafa Urbach kesal karena nomer ponselnya disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Hingga Nafa ditelpon oleh oknum pinjaman online (pinjol).

Nafa bingung tiba-tiba dihubungi oleh oknum pinjol dengan meminta agar Nafa menyampaikan pesan ke seorang debitur pinjol untuk membayar angsuran yang ia tidak kenal.

Nafa pun menanyakan kepada temannya di Instagram, apakah pernah mengalami hal serupa.”Ini kenapa tiba-tiba banyak banget pinjol pada nagih utang orang yang nggak kukenal ya??? Kalian ngalamin ini juga nggak sih. No HP jadi disalahgunakan sama orang-orang nggak jelas. Ada yang ngalamin nggak??,” demikian tulis Nafa Urbach di Instagram Stories.

Baca juga  Stres Kerja Buat Wanita Lebih Beresiko Kena Serangan Jantung

Tak lama setelah menuliskan keluhannya, Nafa mendapat banyak respon warganet yang juga mengalami kejadian serupa. Nafa pun siap melaporkan oknum pinjol tersebut ke polisi.”Ni yah buat para pinjol-pinjol yang chat dan WA saya dengan puluhan nomer berbeda dan data orang yang berbeda-berbeda, kalau kalian nggak berhenti saya akan laporin kalian semua dan saya akan data nomor kalian semua,” kesalnya.

Bagaimana Cara Menghadapi Teror Pinjol?

Menurut Satgas Waspada Investasi, pinjol ilegal menawarkan pinjaman melalui saluran komunikasi pribadi, baik SMS ataupun pesan instan pribadi lainnya tanpa persetujuan konsumen.

Selain itu, usaha ini tidak terdaftar atau berizin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bunga dan denda yang diberikan juga tak terbatas. Pinjol resmi biasanya membatasi bunga pinjaman 0,8% per hari.

Baca juga  Korban Pinjol Ilegal Bisa Lapor ke LBH DPN Indonesia

Fakta lainnya, biasanya mereka meminta akses ke semua data yang ada di ponsel. Padahal OJK hanya mengizinkan pinjol mengakses kamera ponsel, mikrofon ponsel serta lokasi ponsel peminjam.

Lantas bila sudah sempat meminjam dan terjerat utang di pinjol ilegal, apa yang harus dilakukan. Satgas Waspada Investasi menyarankan peminjam melakukan lima langkah ini.

1. Segera lunasi

2. Laporkan kepada Satgas Waspada Investasi dan Kepolisian

3. Apabila memiliki keterbatasan kemampuan untuk membayar, ajukan restrukturisasi berupa pengurangan bunga, perpanjangan jangka waktu, penghapusan denda, dan lain-lain.

4. Apabila sudah jatuh tempo dan tidak mampu bayar, maka hentikan upaya mencari pinjaman baru untuk membayar utang lama.

Baca juga  Modem Pool, Alat Agen Pulsa Kini Jadi Peneror Pinjol

5. Apabila sudah mendapatkan penagihan tidak beretika (teror, intimidasi, pelecehan), maka :

Blokir semua nomor kontak yang mengirim teror. Beritahu kepada seluruh kontak di telepon genggam bahwa apabila mendapatkan pesan tentang pinjaman online ilegal agar diabaikan.

Segera lapor kepada polisi. Lampirkan laporan Polisi ke kontak penagih yang masih muncul.

Laporan atau pengaduan kasus pinjol ilegal bisa melalui website https://patrolisiber.id dan [email protected] atau Kontak OJK 157 (WA 081157157157), email [email protected] atau

Tinggalkan Komentar