Sabtu, 28 Mei 2022
27 Syawal 1443

Napak Tilas Karir Thomas Doll di Jakarta Sebelum Latih Persija

Thomas Doll (Foto Gettyimages ) - inilah.com
Thomas Doll (Foto Gettyimages )
Persija Jakarta baru saja resmi memperkenalkan arsitek baru mereka asal Jerman, Thomas Doll. Siapa sangka, mantan pelatih Borussia Dortmund itu sempat berkunjung ke Jakarta hingga melatih di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.
Yap, kota Jakarta sepertinya sudah tak asing bagi Thomas Doll. Pasalnya pada medio 2007, pelatih 56 tahun sempat berkunjung ke Ibu Kota bersama timnya saat itu Borussia Dortmund.
Adalah laga uji coba saat jeda kompetisi Bundesliga yang membawa Die Borussen terbang menuju Jakarta. Saat itu, Thomas Doll bersama Dortmund diagendakan melakukan partai uji tanding kontra Timnas Indonesia.
Seperti dikutip Koran Bola melalui unggahan Twitter, Doll saat itu sempat dimintai keterangan oleh wartawan kala dirinya mengisi sebuah pelatihan sepakbola bersama beberapa SSB Jabodetabek.
“Sungguh menyenangkan bisa berkunjung ke sini. Terutama cuacanya yang hangat, berbeda dengan negara kami yang sedang dingin. Hampir setiap hari cuaca menyentuh level di bawah nol derajat. Salju di mana-mana. Saya berharap dengan refreshing singkat di Jakarta para pemain kembali bersemangat menghadapi lanjutan kompetisi Bundesliga,” ungkap Doll saat dimintai tanggapan soal kota Jakarta, Koran Bola, ditulis Sabtu (23/4/2022).
Menanggapi laga melawan timnas Indonesia, eks pemain Lazio itu menyebut, pertandingan itu sama sekali tak bisa dipandang sebelah mata.
“Walau hanya sebatas laga uji coba, kami akan berupaya tampil serius. Kami merasa senang bisa berbagi Ilmu sepakbola pada negara Anda yang saya dengar sedang berkembang,” tukas Doll.
Dikutip Antara, dalam lawatan bertanding kontra Timnas asuhan Benny Dollo, tim besutan Thomas Doll, Borussia Dortmund mampu memetik kemenangan tipis 0-1.
Satu-satunya gol yang tercipta dalam pertandingan itu dicetak pemain Dortmund asal Krosia, Medlin Petric dari titik penalti pada menit ke-42.
Hadiah penalti terjadi setelah bek Indonesia Nova Arianto menjegal pemain Dortmund di kotak 12 pas.
Usai pertandingan, Doll sempat melempar pujian pada kiper timnas Indonesia saat itu, Markus Horison. Markus disebutnya tampil apik di bawah mistar gawang Garuda sehingga peluang dari Jakub Błaszczykowski cs mentah di tangannya.
“Saya puji penampilan baik kiper Indonesia,” tukas Doll.
Kini pelatih yang membawa Dortmund berkunjung ke Indonesia 14 tahun silam resmi menukangi Persija Jakarta.
Thomas Doll tak hanya didaulat sebagai pelatih saja. Juru taktik berpaspor Jerman itu juga akan berperan sebagai manajer. Ada pun, Macan Kemayoran mengikat kontrak Thomas Doll selama tiga musim ke depan.
Lalu, bagaimana kiprah tangan dingin Thomas Doll musim depan bersama Persija Jakarta? Akan kah mendulang torehan manis atau justru sebaliknya, menarik untuk ditunggu.
Baca juga
Inter dan AC Milan Menang, Penentuan Scudetto sampai Laga Pamungkas

Tinggalkan Komentar