Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

NasDem-Demokrat-PKS Didorong Segera Deklarasi Koalisi

Senin, 21 Nov 2022 - 10:49 WIB
Hendri Satrio
Pengamat Komunikasi Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio. (Foto: Dok. Istimewa)

Pengamat Politik Hendri Satrio menilai partai politik seharusnya langsung melakukan deklarasi dibanding melakukan gimmick seperti yang baru-baru ini kerap ditampilkan.

Dia mencontohkan ketika sejumlah partai politik memunculkan agenda pertemuan seperti makan siang bersama. Hal tersebut seperti dilakukan tim kecil dari Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat bersama dengan  calon presiden Anies Baswedan pada Jumat pekan lalu.

Direktur Lembaga Survei Kedai Kopi itu menilai bahwa mempublikasi pertemuan-pertemuan antar partai koalisi membuat masyarakat bingung.

Pasalnya, menurut Hendri, tidak ada pesan yang jelas dari pertemuan tersebut. Untuk itu, dia menilai lebih baik ketiga partai tersebut langsung melakukan deklarasi koalisi.

“Mereka bocorin foto pertemuan tim kecil buat apa? Mau mengumumkan nama? Sudah solid? Belum kan, kalau solid deklarasi dong,” kata Hendri saat ditemui di Jakarta, Minggu (20/11/2022).

Baca juga
DPW PPP Aceh Resmi Dukung Anies Baswedan sebagai Capres 2024

Ketua Umum Kornas Relawan Go-Anies Sirajuddin Abdul Wahab memandang pertemuan tim kecil ketiga parpol dengan Anies memberikan pesan kuat bahwa Koalisi Perubahan yang diusung oleh Partai NasDem, Demokrat, dan PKS masih solid dan kompak mendukung Anies sebagai Capres 2024.

“Rakornas Go-Anies memiliki keyakinan yang kuat bahwa pertemuan tersebut mengirim pesan positif dan mengembirakan kepada rakyat Indonesia bahwa Koalisi Perubahan yang diusung Nasdem, Demokrat, dan PKS bulat dan solid untuk mengusung Anies sebagai capres mendatang,” ujar Sirajuddin kepada Inilah.com, Senin (21/11/2022).

Siraj, panggilan akrab Sirajuddin, mengamati kekompakan koalisi ini terlihat jelas dalam pertemuan tersebut. “Keceriaan antara partai-partai memberi kesan yang menyejukkan, bagi masyarakat pada umumnya, maupun pendukung dan relawan di arus bawah,” kata Siraj.

Baca juga
Jateng Masih Jadi 'Kandang Banteng', Ganjar Unggul Telak di Survei Poltracking

Go-Anies, lanjut Siraj, mencermati pertemuan tersebut merupakan pesan politik bagi semua, bahwa Anies dan partai koalisi kompak dan siap untuk maju bersama dalam ajang Pilpres 2024. Adapun riak-riak politik yang terjadi dalam koalisi merupakan bagian dari dinamika politik.

Senada dengan Hendri Satrio, Kornas Go-Anies pun mendorong tim kecil ini untuk terus merampungkan agenda deklarasi supaya rakyat pecinta Anies dan relawan pendukung memperoleh kepastian. “Harapan kami pertemuan itu bisa menghasilkan keputusan politik yang diharapkan oleh semua, termasuk kesepakatan mengenai deklarasi dukungan dari Partai Demokrat dan PKS,” tutur Siraj.

Lebih jauh Siraj menilai faktor Anies sebagai figur capres sangat menentukan berhasil atau tidaknya koalisi partai politik ini. Karena itu, menurut dia, untuk menyelesaikan semua pembicaraan antarpartai koalisi, kehadiran Anies sangat penting sebagai penengah kepentingan partai-partai tersebut agar setiap kepentingan saling terjaga, sehingga tidak memunculkan perbedaan di antara partai koalisi.

Tinggalkan Komentar