Sabtu, 26 November 2022
02 Jumadil Awwal 1444

NasDem Rencanakan Deklarasikan Anies Bersama PKS dan Demokrat 10 November

Rabu, 28 Sep 2022 - 13:33 WIB
Ahmad Ali Nasdem Ist - inilah.com
Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad M Ali. (Foto: Ist)

Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem, Ahmad Ali membuka peluang partainya bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat untuk mendeklarasikan pencalonan Anies Rasyid Baswedan sebagai calon Presiden yang bakal berlaga di Pilpres 2024 pada 10 November 2022.

Ali menyebutkan deklarasi capres akan digelar bersama mitra koalisi yang lain, sebab nama Anies Baswedan mesti disepakati tak hanya oleh NasDem, melainkan PKS dan Demokrat.

“Kepastian itu hanya datang dari Allah, manusia punya rencana. Allah menentukan rencana. Jadi dari apa yang disampaikan kawan-kawan NasDem itu deklarasi itu perkiraan yang dilakukan, tetapi untuk mendeklarasikan bukan hanya datang dari NasDem. Itu harus kesepakatan bersama dengan koalisi,” ujar Ali kepada Inilah.com, Rabu (28/9/2022).

Baca juga
Ajudan Ferdy Sambo Tewas di Rumah Dinas, DPR Belum Bersikap

Dia juga mengungkapkan, hingga kini Partai NasDem tengah menajamkan strategi dan membangun komunikasi yang lebih intens dalam menenun jalinan koalisi.

Terlebih, embusan wacana deklarasi Anies Baswedan yang bakal diusung tiga partai mulai mengemuka di tengah publik. “Mengenai apakah koalisi sudah terbentuk? Sampai hari ini komunikasi intens dan dinamis, menjadi satu koalisi pasti akan sangat dinamis, koalisi dibentuk dan nanti dideklarasikan,” ujar dia.

Sementara, Ketua DPP Partai NasDem, Effendiy Choirie menyebut Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan hampir diputuskan menjadi calon Presiden yang bakal diusung di Pilpres 2024.

Hal ini memperkuat dan menindaklanjuti hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem yang memutuskan memilih Anies Baswedan, Andika Perkasa dan Ganjar Pranowo.

Baca juga
Din Syamsuddin Resmi Dirikan Partai Pelita, 'Bersama untuk Semua'

Bahkan, Anies memuncaki dan mengantongi dukungan mayoritas DPW-DPW Partai NasDem di seluruh Indonesia.

“Suara terbanyak meskipun tidak otomatis diputuskan. Mas Anies suara terbanyak. Proses-proses, insya Allah hampir bulat untuk Mas Anies Baswedan,” kata Effendi dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (25/9/2022).

“NasDem telah membuat keputusan melalui Rakernas, proses sangat demokratis. Silakan DPW, DPD, DPC nama yang sesuai aspirasi,” sambungnya.

Pada Senin (26/9/2022), Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni juga menyebut akan ada deklarasi calon Presiden bersama mitra koalisi pada 10 November 2022.

“Koalisi ya tanggal 10 November itu. Tanggal 10 gua sebut lagi. Sudah jangan mancing-mancing gua,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini disertai tertawa.

Baca juga
UAH: Kemuliaan Nama Muhammad dan Maria Tak Bisa Disandingkan dengan Apapun

Sahroni membeberkan tiga nama bakal calon Presiden hasil Rapat Kerja Nasional Partai NasDem yang memungkinkan bakal segera mengerucut kepada salah satu nama.

“Kan ada tiga nama nanti akan diumumin sama babeh gue (Surya Paloh) November,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar