Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

NasDem Tak Masalah Jika Anies Pilih Gibran Jadi Cawapres

Selasa, 15 Nov 2022 - 21:26 WIB
Anies Gibran
Anies Baswedan dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat sarapan bareng di Hotel Novotel Solo, Selasa (15/11/2022). (Foto: Instagram Anies Baswedan)

Pertemuan Anies Baswedan dengan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, membuat banyak intepretasi mencuat. Salah satunya dugaan Gibran menjadi pasangan Anies di pemilu 2024.

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengaku tak akan ambil pusing jika Anies memilih Gibran sebagai calon wakil presiden. Sebab, dia menilai ayah dari Jan Etes itu memiliki kualifikasi sebagai calon wakil presiden.

“Ya tapi kalau kemudian dipantaskan untuk jadi cawapres Anies, kenapa tidak? Dia menurut saya memenuhi kualifikasi itu. Bisa jadi,” kata Ali, Selasa (15/11/2022).

Meski begitu, Ali menjelaskan kunjungan Anies ke Solo bukan dalam rangka untuk bertemu Gibran. Menurut dia, kunjungan Anies ke Solo itu merupakan kegiatan haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi.

Baca juga
Unjuk Kedekatan, Gerindra Undang PKB dalam Gelaran Rapimnas

“Anies ke Solo dalam rangka hadiri haul. Kemudian, kesempatan Gibran bersilaturahmi dengan beliau. Terus, mereka banyak bicara tentang pembangunan kota. Jadi, Anies apresiasi tentang capaian Mas Gibran sebagai Wali Kota Solo,” terang Ali.

Diketahui, kedua tokoh ini bertemu di Solo Jawa Tengah. Dalam pertemuan itu, Anies memuji Kota Solo di bawah kepemimpinan Gibran yang rapih, bersih, dan tertib. “Alhamdulillah, Solo rapi, bersih, dan tertib. Mudah-mudahan terus maju dan berkembang. InsyaAllah Mas Gibran selalu sehat dimudahkan dalam amanah ini,” tulis Anies dalam laman Instagram @aniesbaswedan yang dikutip pada Selasa (15/11/2022).

Dia berharap Solo dapat terus maju dan berkembang. Pada pertemuan tersebut, keduanya juga membahas sejumlah hal, salah satunya berbagi pengalaman dalam memimpin sebuah daerah. “Kami saling sharing pengalaman, sama-sama pernah bertugas mengelola sebuah kota. Di Jakarta walaupun namanya gubernur, sesungguhnya itu juga sebuah kota tapi besar. Sama dengan Solo juga begitu,” tutur bakal calon Presiden 2024 yang diusung Partai NasDem ini.

Baca juga
Anies Bangga Pamerkan Jakarta, Prestasinya Sudah Sampai Asia Tenggara

Selain itu, ungkap Anies, dibahas pula mengenai pengelolaan kendaraan umum dan diharapkan apa yang sudah diterapkan di Jakarta dapat bermanfaat bagi Solo. Pada kesempatan yang sama, Gibran mengatakan pertemuan tersebut banyak membahas soal transportasi umum dan permasalahan kota.

“Ngobrolin apa saja sambil sarapan. Kalau masalah transportasi yang bisa kami jadikan percontohan kan Jakarta ya. Kalau di Solo banyak warga commute ke Solo, banyak dari Jogja ke Solo naik KRL. Ke depan harus kami perbanyak, masifkan transportasi umum,” beber Gibran.

Tinggalkan Komentar